SM/Raditia Yoni Ariya - Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq memberikan keterangan pers di Pendapa Pengayoman, Sabtu (20/6) malam.

TEMANGGUNG, SM Network – Kendati masih di masa pandemi Covid-19 namun masyarakat di Kabupaten Temanggung sudah bersiap untuk melakukan panen raya tembakau musim 2020. Namun demikian, warga diminta untuk menerapkan disiplin protokol keseatan guna mencegah penularan virus korona.

Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq mengatakan, memang seluruh masyarakat Temanggung saat ini sedang bersiap menyambut musim panen raya tembakau tahun 2020, tanpa dihantui rasa takut dengan virus corona. Dia menegaskan hal ini dapat dilakukan dengan syarat masyarakat bisa mentaati protokol kesehatan.

“Masyarakat Temanggung siap menyambut panen raya tembakau tanpa dihantui rasa takut dari virus corona, sebab masyarakat Temanggung adalah masyarakat yang tertib dan taat melaksanakan disiplin protokol covid. Saya optimis memasuki panen raya yang akan jatuh pada pertengahan bulan Juli, sampai Agustus, September, Oktober. Insya Allah di bulan-bulan itu angka Covid sudah melandai dan melantai sehingga situasinya kondusif bagi kita semua untuk melakukan panen raya tembakau,”katanya Sabtu (20/6) malam.

Hadik meminta semua pihak bisa menyambut panen raya tembakau dengan hati yang gembira tanpa takut terhadap virus corona. Maka ia mengajak petani, pedagang, perajin, dan pihak industri untuk bersama-sama menggarap tembakau. Namun demkian, sebelum masuk panen raya masyarakat diminta kesadarannya untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19.

“Tetapi sebelum itu, masyarakat harus melaksanakan dulu protokol-protokol Covid yang mana bawah pada saat ini angka positif kita masih relatif tinggi. Sehingga pada hari ini kita merasa untuk memperpanjang pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) sampai dua minggu ke depan atau sampai tanggal 3 Juli 2020,”katanya.

Dia yakin, setelah itu kondisi Temanggung akan kondusif, dan berharap semoga tidak ada lagi masyarakat yang terpapar virus corona. Kemudian angka semakin turun sehinga di pertengahan Juli bisa memanen tembakau dengan penuh suka cita.

“Cuma sekali lagi masyarakat untuk bersabar dulu, kita hanya butuh sekitar dua minggu memperpanjang PKM ini dan kalau kita semua disiplin mejalankan protokol-protokol yang diatur dalam pembatasan kegiatan masyarakat (PKM), saya yakin Temanggung akan bebas dari virus corona. Dua minggu itu tidak lama, saya yakin masyarakat akan tertib menjaga jarak antara satu dengan lainnya, bisa disiplin memakai masker di ruang-ruang publik, senantiasa cuci tangan pakai sabun untuk menghindari virus corona ini,”katanya.


Raditia Yoni Ariya/K41

6 KOMENTAR