Tebing Longsor, Enam Rumah Warga Tertimpa

WONOSOBO, SM Network – Sebuah tebing setinggi 50 meter di RT 15 RW 05 Desa Tambi Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo longsor dan menimpa 6 rumah warga setempat, akhir pekan lalu. Curah hujan yang tinggi menjadi penyebab ambrolnya tebing yang berada di wilayah kaki Gunung Sindoro itu.

Kepala Pelaksana BPBD Wonosobo, Zulfa Ahsan Alim Kurniawan mengatakan, 6 rumah warga mengalami kerusakan dan retak-retak akibat tertimpa reruntuhan pasir dan batu dari tebing. Hujan deras menyebabkan tebing tidak mampu menahan resapan air sehingga terjadi reruntuhan.

“Sementara ini, pemilik rumah diungsikan ke kediaman saudara dan tetangga yang lebih aman. Hal itu juga untuk menghindari longsor susulan. Sebab tebing masih berpotensi ambrol kembali,” ujar Zulfa, Sabtu (23/1). Adapun rumah yang rusak dan mengalami retak-retak milik, Sukir (5 jiwa), Wahyu (4 jiwa), Minah (1 jiwa), Khamid (4 jiwa), Wahyudin (3 jiwa) dan Budi (3 jiwa).

Semua rumah yang rusak berada saling berdekatan. Semua korban mengaku kaget dengan suara gemuruh di atas pemukiman warga saat turun hujan menjelang petang. Semua penghuni rumah saat itu tengah berada di kediaman masing-masing karena hari sudah petang. Menurut Zulfa, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Setelah longsor terjadi, warga setempat dibantu personil TNI-Polri dan relawan BPBD berusaha menyingkirkan material longsoran yang menimpa rumah warga.

“Namun karena terkendala cuaca gelap, dingin dan hujan masih turun, evakuasi material longsoran dilanjutkan keesokan harinya. Saya minta warga sekitar tetap waspada dan hati-hati terhadap longsor susulan yang masih mungkin terjadi,” ucapnya. Kepala Desa Tambi, Wahyono mengimbau kepada semua warga untuk saling menjaga, dengan cara saling peka terhadap tanda – tanda alam.

Kondisi wilayah Desa Tambi berada di daerah dengan kemiringan yang cukup tinggi, ditambah lagi banyak lembah sehingga sangat mudah terjadi longsor. “Saat ini hujan masih sering turun, sehingga dimungkinkan bisa terjadi longsor susulan. Untuk itu kepada semua warga untuk saling mengingatkan, saling menjaga lingkungan sekitar agar sehingga kerugian bisa diminimalisir,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan