Tarik Partisipasi Pemilih, TPS Dihisiasi Bola Berbentuk Korona

WONOSOBO, SM Network – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak akan digelar, Rabu 9 Desember 2020. Untuk menarik partisipasi masyarakat, petugas bersama warga menghiasi TPS 08 yang berada di Dusun Jelgong, Kelurahan Pagerkukuh, Kecamatan Wonosobo dengan bola warna warni berbentuk korona.

Selain untuk menarik minat masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya, momen tersebut dimanfaatkan untuk edukasi ke masyarakat agar selalu menerapkan prinsip 3 M yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan menggunakan sabun atau handsanitizer. Ketua RT setempat, Dibyo mengatakan, tercetusnya ide tersebut supaya warga tidak enggan datang ke TPS.

Hanya ada satu pasangan calon dalam Pilkada Wonosobo dikhawatirkan Dibyo akan mengurangi minat warga untuk datang ke TPS. “Kita hiasi dengan berbagai bola yang bentuknya seperti korona. Selain itu kita tempel juga poster-poster terkait penerapan protokol kesehatan. Jadi warga tertarik untuk datang ke TPS, tapi tetap menggunakan protokol kesehatan. Rencananya kalau sempat kita juga mau hiasi dengan keranda dan patung tengkorak manusia,” ujar Dibyo saat ditemui disela-sela menghias TPS, Senin (7/12).

Dibyo mengatakan, petugas juga akan mengenakan APD berbahan plastik warna-warni yang biasa digunakan sebagai jas hujan. Selain untuk APD dari Covid-19, jas hujan warna-warni tersebut juga bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat.

“Kalau dari KPU kan kita sudah diberi APD seperti masker, faceshild, dan sarung tangan. Supaya lebih aman kita juga akan pake APD menggunakan jas hujan. Selain harganya murah, karena warna warni nanti bisa menarik minat masyarakat untuk datang ke TPS,” jelasnya.

Ketua KPU Wonosobo, Asma Khozin mengatakan, TPS di Wonosobo berjumlah 1950. Jumlah tersebut lebih banyak dari pemilihan sebelumnya mengingat penerapan protokol kesehatan harus dilakukan di setiap TPS. Selain penambahan jumlah TPS, petugas telah melakukan pemeriksaan kesehatan dengan menggunakan rapid test.

“Penerapan protokol kesehatan secara ketat akan dilakukan disemua TPS. Simulasi Pilkada telah kita lakukan sebelumnya. Untuk itu masyarakat jangan takut untuk datang ke TPS. Silahkan gunakan hak pilihnya. Namun tetap dengan protokol kesehatan,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan