SM/Raditia Yoni Ariya - SEMPROT DISINFEKTAN: Warga Lingkungan Maliyan, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Temanggung melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri di lingkungannya, Sabtu (21/3).

TEMANGGUNG, SM Network – Wabah korona yang sudah menyebar di seluruh dunia dan saat ini sedang marak di Indonesia menggugah kesadaran warga Lingkungan Maliyan, Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Temanggung untuk membantu pemerintah dengan cara melakukan penyemprotan disinfektan secara mandiri. Disinfektan ini dibuat dengan cairan pemutih pakaian yang dananya merupakan swadaya masyarakat.

Ketua RT 2 RW 1 Maliyan, Subandri mengatakan, saat ini menurutnya sudah sangat krusial, sehingga semua elemen harus bergerak bersama menangangkal korona. Jika hanya mengandalkan pemerintah, maka penanganan akan sulit sebab persebaran virus yang kali pertama muncul dari Wuhan China ini, sangat massif dan memakan banyak korban.

“Jangan hanya mengandalkan pemerintah atau sekadar berpangku tangan, tapi apa yang bisa kita lakukan sendiri kita lakukan keadaan sudah genting maka kita gugah kesadaran masyarakat untuk lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi saat kita melakukan penyemprotan di rumah-rumah warga RT kami, sekaligus kita beri pengertian agar jangan dulu melakukan kegiatan yang sifatnya kumpul-kumpul, taati imbauan pemerintah,”ujarnya Sabtu (21/3).

Didik warga lainnya menuturkan, sudah tidak ada alasan untuk menunda atau menyepelekan pencegahan, sebab sangat jelas bagaimana massifnya virus covid-19 ini menjangkiti manusia. Maka dengan membangun kesadaran diri warga untuk menjaga kebersihan, menjaga kesehatan, tidak berkumpul-kumpul dulu, akan meminimalisir kerentanan. Sehingga secara langsung maupun tidak jika sehat akan menguntungkan diri sendiri, meringankan tugas pemerintah dan beban para petugas kesehatan.

“Kita buat pakai cairan pemutih pakaian yang kita campur air ada takarannya tersendiri untuk setiap liternya lalu kita masukkan ke sprayer (alat semprot pertanian_Red). Memang disinfektan bukan obat korona, tapi setidaknya bisa meminimalisir risiko, maka kita semprotkan di rumah warga dan lingkungan sekitarnya. Semoga ke depan tidak ada lagi warga yang menyepelekan ini dengan dalih apapun,”katanya.


Raditia Yoni A

1 KOMENTAR