Tak Terpengaruhi Korona, Warga di Lokasi TMMD Tetap Siapkan Acara Baritan

KULONPROGO, SM Network – Warga yang tinggal di lokasi TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-107 yang diinisiasi Kodim 0731/Kulon Progo seperti tidak terpengaruh dengan merebaknya virus korona di sejumlah wilayah di Tanah Air, termasuk di DIY.

Hal ini tampak ketika warga di Kalurahan Purwosari, Kapanewon Girilimulyo yang menjadi lokasi sasaran TMMD tampak tetap sibuk menyiapkan segala keperluan untuk digelarnya acara adat dan budaya, Baritan.

Pada Rabu (18/3) malam misalnya, berpusat di salah satu rumah warga puluhan orang tumplek bleg menyiapkan ubo rampe untuk pelaksanaan Upacara Adat dan Budaya Baritan yang digelar pada keesokan harinya. Secara bergotong royong warga yang dibantu personel Satgas TMMD melakukan acara yang bernama Omprong-Omprong dengan memberi oncor atau penerangan di kandang-kandang hewan ternak milik warga.

“Semalam kami gotong royong menyiapkan ubo rampe untuk acara hari ini,” kata Dukuh Tegalsari, Sajuliyanta, Kamis (19/3).

Sajuliyanta mengatakan Upacara Adat dan Budaya Baritan merupakan tradisi yang digelar turun temuru di wilayah tersebut sebagai bentuk syukuran hewan dan rojokoyo. Tujuannya agar anak-anak di kampung ini tidak sakit-sakitan.

Acara adat dan budaya Baritan diawali dengan mengambil air dari tujuh mata air yaitu Kali Waru, Kali Komprengan, Kali Sabutrong, Kali Taunan, Kali Nglumut, Kali Taunan dan Kali Tempel, dilanjutkan dengan mengumpulkan ternak di Balai Pedukuhan. Setelah itu dilaksanakan Kirab  Budaya Tumpeng dan Ternak keliling Pedukuhan Tegalsari. 

“Setelah Kenduri Baritan dengan menggunakan ketupat, ternak dimandikan dengan air dari tujuh sumber mata air.  Rangkaian acara dimeriahkan dengan pentas Jathilan untuk menghibur warga dan sekaligus nguri-uri Seni Budaya Jawa,” tandas dia.

Terpisah Dansatgas TMMD Reguler ke-107 Letkol Inf Dodit Susanto menyambut baik acara budaya tersebut. Bahkan pihaknya merasa bangga ikut dilibatkan dalam serangkaian acara persiapan.

“Kami memang menginstruksikan kepada seluruh personel Satgas TMMD untuk ambil bagian dalam kegiatan kegiatan masyarakat,” tandas pria yang juga Dandim 0731/Kulon Progo itu.


Gading Persada

Tinggalkan Balasan