Tak Tahu, Warga Desa Jumoyo Kremasi Pasien Positif Korona

MUNGKID, SM Network – Warga di Dusun Pulosari, Desa Jumoyo, bentuk gugus tugas sebagai upaya menyikapi adanya wabah corona. Terlebih, beberapa waktu lalu warga desa setempat tidak mengetahui bahwa Salah satu warga kami turut menangani proses kremasi di pemakaman desa tersebut merupakan pasien positif covid-19.

“Salah satu warga kami yang menangani proses kremasi di kuburan Cina Gremeng ini dalam kondisi tidak tahu bahwa, yang akan dikremasi merupakan pasien positif covid-19. Sebab hasil lab keluar sehari setelahnya,” kata Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari Edward Alfian ketika dimintai keterangan.

Sementara Ketua Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari, mengatakan bahwa upaya tersebut guna meminimalisir penyebaran korona yang manjadi momok masyarakat. “Ide munculnya pembentukan Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari karena adanya wabah covid-19 ini yang mulai merebak dan ditambah adanya peristiwa kremasi jenazah positif covid19 di Krematorium Kuburan Cina Gremeng yang merupakan pasien salah satu Rumah Sakit Swasta RS. PR Jogjakarta,” ujar Ketua Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari, tambah Ketua Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari kepada suaramerdeka Minggu (29/3).

Menurutnya, salah satu warga Dusun Pulosari merupakan seorang pekerja harian yang bertugas melakukan bersih-bersih di Kuburan Cina Gremeng. Dan pada saat prosesi kremasi akan berlangsung ia diminta untuk ikut mengankat peti jenazah.

Adanya hal tersebut, kini Tim Gugus Tugas Dusun Pulosari juga mewajibkan tamu atau warga yang datang dari luar kota untuk melapor ke Tim Gugus Tugas dengan format, nama, alamat, jenis kelamin, usia, datang dari daerah, tanggal, keperluan dan no HP.

“Dengan demikian mobilisasi warga, terutama dari luar desa akan lebih terpantau, sehingga Tim Gugus Tugas bisa mengambil langkah tertentu bila ada yang diduga terpapar virus Covid-19, agar tidak menular ke warga lainnya,” imbuh Edward.


Dian Nurlita/Kim

2 Komentar

  1. 160618 287737Hi there! I could have sworn Ive been to this site before but soon after reading by way of some of the post I realized its new to me. Anyhow, Im certainly glad I discovered it and Ill be book-marking and checking back often! 673823

  2. 843956 888386Glad to be one of many visitants on this awful internet website : D. 72877

Tinggalkan Balasan