Tak Punya APD, Petugas Gunakan Jas Hujan

WONOSOBO, SM Network – Pemerintah Indonesia telah menetapkan pandemi virus corona atau covid-19 sebagai bencana Nasional pada beberapa waktu lalu seiring banyaknya korban yang terpapar virus tersebut. Namun sayangnya, pemerintah Kabupaten Wonosobo belum sepenuhnya siap menghadapi wabah tersebut.

Terlihat di beberapa fasilitas kesehatan belum memiliki Alat Pelindung Diri (APD) sehingga petugas terpaksa menggunaan jas hujan meski tidak sesuai standar. Hal tersebut terlihat dalam penanganan sembilan warga dari wilayah Kejajar dan Banjarnegara yang baru pulang dari acara Ijitima ulama dunia di Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu (21/3/) malam.

Sejumlah warga yang menjalani protokol kesehatan dalam rangka pencegahan virus corona di Puskesmas Kejajar I ditangani oleh petugas kesehatan yang mengenakan APD dari jas hujan. Kepala Puskesmas Kejajar I, Rusmanika mengatakan, langkah tersebut dilakukan sebagai perlindungan diri meski tidak sesuai standar yang ada.

Pihaknya mengaku tengah memesan APD untuk Puskesmas Kejajar I namun karena kejadian tersebut mendadak dan belum memiliki ADP yang sesuai standar, penggunaan jas hujan sebagai alternatif lain.

“pemeriksaan tersebut terjadi secara mendadak dan tengah malam, karena belum memiliki APD yang sesuai kita menggunakan jas hujan. Kita sebagai petugas medis juga harus waspada dan memiliki rasa takut, jadi setidaknya ada perlindungan diri jika teryata pasien positif corona,’ jelasnya.

Diketahui, sembilan warga tersebut dinyatakan tidak ditemukan indikasi ataupun gejala yang mengarah pada infeksi akibat paparan covid-19. Namun pihaknya mengimbau kepada warga untuk mengisolasi secara mandiri di rumah masing-masing. Apabila ditemukan gejala seperti batuk, demam tinggi, dan sesak nafas untuk segera menghubungi petugas kesehatan.

Terpisah, Sekretari Daerah Wonosobo, One Andang Wardoyo mengatakan, pihaknya sedang memesan APD untuk keperluan penanggulangan covid-19. Selain APD, kebutuhan lain seperti masker juga sedang pemerintah pesan untuk memenuhi kebutuhan yang ada.

“Tidak masalah menggunakan jas hujan, fungsinya juga sama untuk melindungi diri. Kita juga sudah menghitung apa saja kebutuhan yang perlu dipenuhi,” pungkasnya.


Adib Annas M

Tinggalkan Balasan