Heru Prayogo - RAZIA: Satpol PP Kabupaten Purworejo melakukan razia masyarakat yang tidak patuh aturan menggunakan masker, di depan Masjid Agung Purworejo, Rabu (03/06/2020)

PURWOREJO, SM Network – Buat kamu yang ingin melintas atau mengunjungi wilayah Purworejo, atau sekedar keluar rumah jangan lupa kenakan masker. Jika tidak, bisa kena razia Satpol PP dan terancam denda, paling ringan yakni pushup dan hafalkan pancasila di depan umum.

Seratusan warga yang tak mengenakan masker terjaring dalam operasi penegakan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 29 Tahun 2020 tentang percepatan penanggulangan Covid-19 oleh Satpol PP Damkar Purworejo bersama tim gabungan, Rabu (03/06/2020).

Operasi digelar di Jalan Mayjen Sutoyo atau sisi barat Alun-alun Purworejo dan di Jalan Urip Sumoharjo atau sisi timur Alun-alun. Sekitar 40 personil tim gabungan dari Satpol PP Damkar, Polres, Dinas Perhubungan, Brimob, Kominfo, Dinas Kesehatan, dan BPBD diturunkan di dua lokasi tersebut.

“Kami Satpol melaksanakan kegiatan penegakan Perbup nomor 29 tahun 2020 tentang percepatan penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Purworejo dimana salah satu poinnya adalah tentang kewajiban menggunakan masker,” ungkap Kepala Satpol PP Damkar Purworejo, Budi Wibowo.

Seratusan warga pengguna jalan yang tidak mengenakan masker terjaring dalam operasi tersebut. Menurut Budi Wibowo, dalam Perbup No 29/2020, sebenarnya tertera sanksi berupa denda administrasi paling tinggi Rp 50 ribu bagi pelanggar.

“Namun, untuk pelaksanaan operasi kali ini terhadap para pelanggar baru diberikan pembinaan berupa edukasi pentingnya mengenakan masker dan belum dikenakan sanksi denda administrasi. Ada yang diminta membaca Pancasila, Undang Undang Dasar, dan ada yang pushup juga,” katanya.

Para pelanggar juga diberikan salinan Surat Tanda Bukti Pelanggaran. Selain itu, juga diberikan masker untuk digunakan. Operasi ini akan terus dilaksanakan hingga berakhirnya masa tanggap darurat 14 Juni mendatang.

Salah satu warga yang terjaring, Burhanudin (35), mengaku tidak mengenakan masker karena lupa. Menurutnya, operasi semacam ini bagus dilaksanakan agar warga disiplin.

“Tadi di sana (Satlantas) pakai masker, mau perpanjang SIM, ini mau pulang dulu ambil uang tapi lupa tidak pakai masker. Sebenarnya tahu kalau keluar rumah harus pakai masker, tadi cuma lupa,” imbuhnya.


Heru Prayogo

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here