Tak Memenuhi Syarat, Dokumen Dukungan Bakal Calon Perseorangan Ditolak

PURWOREJO, SM Network – Berdasarkan hasil pengecekan, dokumen dukungan Bakal Pasangan Calon Perseorangan, Slamet Riyanto dan Suyanto, ditolak oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo. Hal itu lantaran dukungan dari satu-satunya bakal pasangan calon perseorangan itu tidak memenuhi syarat.

Ketua KPU Kabupaten Purworejo, Dulrokhim, mengungkapkan pihaknya telah melakukan pengecekan jumlah dukungan dan persebaran Bakal Pasangan Calon Perseorangan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Tahun 2020 atas nama Slamet Riyanto (bakal calon bupati) dan Suyanto (bakal calon wakil bupati).

Disebutkan, berdasarkan pengecekan, jumlah data dukungan yang diunggah oleh Paslon di SILON KPU sebanyak 46.614 dan yang tidak memenuhi syarat (TMS) 4.412. Sedangkan data dukungan secara fisik yang diserahkan kepada KPU Purworejo setelah dihitung berjumlah 47.770 dan TMS sebanyak 5.535.

“Sehingga dukungannya yang MS (memenuhi syarat -red) hanya 42.202. Jadi tidak memenuhi syarat. Sehingga status dukungan ditolak. Karena seharusnya jumlah syarat minimal dukungan 46.096,” ungkapnya, Kamis (27/2).

Keputusan tersebut telah tertuang dalam Berita Acara KPU Nomor: 8/PL.02.2-BA/3306/Kab/II/2020 tentang Hasil Pengecekan Pemenuhan Jumlah Dukungan dan Sebaran Dukungan dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Tahun  2020.

Dulrokhim menyebut, KPU telah melakukan beberapa kegiatan atau langkah sesuai prosedur pengecekan sejak penyerahan dokumen dukungan Paslon pada Minggu (23/2) malam lalu.

Beberapa di antaranya menghitung jumlah dokumen dukungan asli berupa formulir model B.1-KWK perseorangan sebagaimana dimaksud dalam ketentuan perundang-undangan, dengan berpedoman pada syarat jumlah dukungan minimal bagi Paslon perseorangan untuk Kabupaten Purworejo sebanyak 46.096 orang, serta berpedoman pada indikator keabsahan formulir model B.1-KWK.

KPU juga mengecek dan menghitung jumlah dukungan yang tercantum dalam formulir model B.1.1 KWK perseorangan. Selain itu, juga menghitung persebaran dukungan yang tercantum dalam formulir model B.2-KWK perseorangan sebagaimana dimaksud dalam ketentuan perundang-undangan, dengan berpedoman pada jumlah sebaran dukungan bakal pasangan calon perseorangan untuk Kabupaten Purworejo sebanyak 9 wilayah kecamatan,” ungkapnya.

KPU, lanjutnya, juga telah mengecek kesesuaian jumlah dukungan dan persebarannya yang tercantum dalam formulir model B.2-KWK Perseorangan dengan pemenuhan syarat jumlah dukungan dan sebaran.

Ditegaskan, berdasarkan hasil pengecekan tersebut, dukungan Bakal Calon Perseorangan dinyatakan tidak memenuhi syarat dukungan dan sebaran, sehingga dokumen dukungan Bakal Calon Perseorangan ditolak.


Panuju Triangga

Tinggalkan Balasan