Tak Ada Lagi Kecamatan Zona Merah

KEBUMEN, SM Network – Upaya pencegahan Covid-19 secara gencar berdampak positif di Kebunen. Saat ini tak ada lagi kecamatan di Kebumen yang masuk zona merah.

Salah satu upaya pencegahannya yakni penerapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) skala mikro pada wilayah desa serta kelurahan di Kabupaten Kebumen.

Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Sugiyanto menjelaskan, selama penerapan PPKM mikro, Bhabinkamtibmas dan Babinsa melaksanakan tugas tambahan pencegahan penularan Covid-19.

Bersama Satgas Penanganan Covid-19 desa, Bhabinkamtibmas dan Babinsa aktif melakukan penegakan protokol kesehatan di tempat tugasnya.

“Selain sebagai tracer, Bhabinkamtibmas aktif sosialisasi jogo tonggo,” kata Sugiyanto sembari menyebut, PPKM mampu meningkatkan kesadaran masyarakat taat protokol kesehatan.

Ketua Bidang Informasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Kebumen, Cokroaminoto mengemukakan, dari 360 desa/kelurahan, tercatat hanya satu desa masuk zona merah. “Dan Kabupaten Kebumen tetap zona oranye, risiko sedang penularan Covid-19,” katanya.

Di kabupaten yang berpenduduk 1,3 juta ini terdapat 21 kecamatan zona oranye. Lima kecamatan lain yakni Karanganyar, Buluspesantren, Petanahan dan Sadang serta Poncowarno, zona kuning dan hijau.

“Satu satunya desa zona merah, Desa Sidomulyo Kecamatan Ambal,” ungkap Cokroaminoto. Secara keseluruhan, lanjutnya, hingga saat ini kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Kebumen tercatat 6.564.

Dari sejumlah kasus terkonfirmasi tersebut dirawat 135, dirujuk 0, isolasi 119, meninggal 255 dan sembuh 6.055. Sementara itu, Sekretaris Dinas Kesehatan Kebumen yang juga anggota Bidang Informasi Publik Satgas Penanganan Covid-19 Kebumen, Kusbiyantoro mengemukakan, upaya pencegahan Covid-19 juga dengan melakukan vaksinasi.

Diketahui dari ribuan calon peserta vaksinasi yang dilaksanakan di Gedung Setda pada Rabu – Kamis (24-25/2) terdapat 103 yang tidak lolos scrining. “Mereka yang tidak lolos skrining kesehatan bisa divaksin atau tidak, tetap tergantung hasil skrining kesehatan,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan