Tahun Ini, Sleman Kembali Gelar Pilur Serentak

SLEMAN, SM Network РKabupaten Sleman akan kembali menyelenggarakan pemilihan lurah (pilur) serentak. Pada 20 Desember 2020 lalu, pilur secara e-voting sudah dilaksanakan di 49 kalurahan. Para lurah terpilih juga telah dilantik pada 26 Desember. Untuk tahun ini, pilur serentak akan digelar di 35 kelurahan. Hanya saja, waktu pelaksanaannya belum ditentukan.

“Perkiraannya antara bulan Agustus atau September karena masa jabatan lurah di 35 kelurahan berakhir pada 15 September 2021,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan (PMK) Sleman Budiharjo kepada wartawan, kemarin.¬†

Namun untuk tahap awal penyelenggaraan Pilur, rencananya dimulai pada Maret mendatang. Tahapannya dimulai dari sosialiasi, pembentukan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS), pendaftaran calon hingga proses pemilihan. Pelaksanaannya tetap menggunakan sistem e-voting lantaran dinilai lebih menguntungkan.

“Pilur 2020 lalu tidak ada sengketa. Ini membuktikan pemilihan dengan metode e-voting memberikan hasil yang lebih cepat, akurat, dan demokratis,” ujarnya.

Adapun 35 kalurahan yang akan melaksanakan pemilihan antara lain Ambarketawang, Nogotirto, Trihanggo (Gamping), Sidoarum (Godean), Sumbersari, Sumberarum (Moyudan), Sedangagung (Minggir), Margodadi, Margokaton, Margomulyo (Seyegan), Sendangadi, Tirtoadi, Tlogoadi (Mlati), Maguwoharjo, Condongcatur (Depok), Sendangtirto, Jogotirto (Berbah).

Lainnya adalah Wukirharjo, Bokoharjo, Gayamharjo, Madurejo (Prambanan), Selomartani, Bimomartani (Ngemplak), Sariharjo, Donoharjo, Sardonoharjo (Ngaglik), Tridadi, Trimulyo (Sleman), Bayurejo, Margorejo, Lumbungrejo (Tempel), Bangunkerto, Wonokerto (Turi), Candibinangun (Pakem), dan Umbulharjo (Cangkringan).

Tinggalkan Balasan