SM/Arif Widodo - TABUH BEDUG : Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dan Ketua PCNU Kebumen KH Dawamudin Masdar menabuh bedug saya launching Tahsinul Jam'iyah di Aula Setda Kebumen, Minggu (10/4).

KEBUMEN, SM Network – Tahsinul Jam’iyyah Nahdlatul Ulama (NU) dilaunching di Aula Setda Pemkab Kebumen, Sabtu (10/4). Program yang mengisi kegiatan Safari Ramadan pada Puasa itu menyasar Majelis Wakil Cabang (MWC) di 26 kecamatan Se-Kebumen.

“Mari kita perbaiki bersama melalui Tahsinul Jam’iyah (perbaikan mutu organisasi). Dan kami bertekat memajukan organisasi NU di Kebumen,” kata Bupati Arif saat melaunching Tahsinul Jam’iyyah yang ditandai dengan pemukulan bedug.

Kegiatan yang mengusung tema “Kebangkitan Mutu Berjam’iyyah Menuju Satu Abad NU” itu dihadiri Forkopimda, Ketua PCNU Kebumen KH Dawamudin Masdar dan Ketua PKB Kebumen KH Zaeni Miftah. Tampak pula ketua asesor tim Tahsinul Jam’iyah Doktor Imam Satibi yang juga Rektor IAINU dan UMNU Kebumen.

Menurut Arif, NU sebagai organisasi yang besar akan semakin kuat ketika kekompakan, kebersamaan dan gotong royong terbentuk. “Kalau dipupuk terus menerus, selain besar juga kuat,” imbuhnya.

Ketua PCNU Kebumen KH Dawamudin Masdar menyebut ada sebanyak 108 juta orang NU dari 250 juta berdasarkan hasil survei LSI. Namun, kata Dawamudin, jumlah yang besar tersebut ternyata belumlah berfungsi maksimal. Maka, lanjut Dawamudin, kegiatan kali ini penting sebagai upaya menuju jam’iyyah yang terorganisasi dengan baik.

“Kami menggandeng IAINU dan UMNU untuk membuat instrumennya. Dan PCNU akan merekam. Seperti halnya PCNU juga telah direkam oleh PWNU dengan mendapat peringkat tiga Se-Jateng,” ucapnya. Untuk penilaian keikutsertaan dalam Tahsinul Jam’iyah, dilakukan oleh tim dari asesor yang ditunjuk.

Lebih lanjut Dawamudin menjelaskan, Tahsinul Jam’iyah yang dirangkai dengan Safari Muharam itu juga akan dilakukan peninjauan langsung serta disediakan hadiah berupa motor dan kambing. Adapun penyerahan hadiahnya dirangkai dengan Hari Santri melalui kegiatan bertajuk PCNU Award.

Kegiatan Tahsinul Jam’iyah yang kali pertama ini dilanjutkan dengan bimbingan teknis. Dalam kesempatan tersebut juga disimulasikan pengisian Tahsinul Jam’iyah sesuai prosedur operasional standar (POS) serta diselingi dengan penyerahan bantuan oleh Ketua DPC PKB Kebumen Zaeni Miftah didampingi Anggota Fraksi PKB DPRD Kebumen kepada MWC NU.