Tagihan Warga Membengkak, Bupati Sleman Akan Panggil Dirut PDAM

SLEMAN, SM Network – Sejumlah pelanggan PDAM Sleman mengeluhkan lonjakan tagihan yang dinilai tidak wajar. Pasalnya, lonjakan biaya yang harus dilunasi mencapai tiga hingga enam kali lipat.

Protes itu disampaikan lewat akun Instagram resmi milik PDAM Tirta Sembada. Akun atas nama asikebuli_mashamid misalnya yang mengaku harus membayar Rp 300 ribu dalam tiga bulan. Padahal biasanya, tagihannya hanya Rp 110 ribu.


“Melonjak sampai tiga kali lipat. Saya cari informasi, katanya yang tidak mengirim SMS atau WA dikenai biaya tiga bulan terakhir. Itu bagaimana cara menghitungnya,” tukasnya.


Keluhan serupa dilontarkan pemilik akun diennisanyo yang menyebut tagihan melonjak hingga enam kali lipat, namun tidak diimbangi dengan pelayanan yang baik. “Airnya sering mati,” ujarnya.


Sebelumnya lewat Instagram, PDAM Tirta Sembada menyampaikan informasi kepada pelanggan agar mengirimkan jumlah pemakaian air melalui SMS, diperuntukkan tagihan bulan April 2020.

Bagi konsumen yang tidak mengirim pesan dalam rentang waktu 4-20 April 2020, akan dikenai biaya dengan rata-rata pemakaian tiga bulan terakhir.


Menanggapi hal itu, akun diennisanyo memberi saran kepada PDAM agar mengirimkan surat edaran kepada konsumen. Terlebih di tengah kondisi pandemi Covid-19, kenaikan tagihan dirasa sangat memberatkan.


Terpisah, Bupati Sleman Sri Purnomo mengaku belum mendapat laporan. Namun sepengetahuannya, PDAM justru memberi diskon 50 persen bagi konsumen tertentu selama masa pandemi.

“Saya belum dapat informasinya. Tapi mungkin yang disebut meningkat itu disebabkan stay at home sehingga penggunaan air melonjak,” kata Sri.


Namun untuk mengetahui duduk permasalahan itu, dia berencana memanggil Dirut PDAM. “Akan ditanyakan apa permasalahannya. Kalau tagihan membengkak karena penggunaan, ya itu wajar tapi kalau karena tidak dibaca meterannya sehingga menumpuk, itu adalah kesalahan,” tegas Sri.


Sementara itu, saat wartawan hendak mengkonfirmasi Dirut PDAM di kantornya, pejabat bersangkutan belum bisa ditemui karena alasan rapat.


Amelia Hapsari

5 Komentar

  1. Like!! I blog quite often and I genuinely thank you for your information. The article has truly peaked my interest.

  2. I am regular visitor, how are you everybody? This article posted at this web site is in fact pleasant.

  3. 81520 489047you use a fantastic weblog here! do you wish to have the invite posts in my small weblog? 250844

Tinggalkan Balasan