SM/Dananjoyo : Wisatawan dengan membawa tas koper saat berada di Malioboro Yogyakarta, Jumat (19/3).

JOGJAKARTA, SM Network – Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengkubuwono X tidak melarang para perantau untuk pulang kampung pada saat Lebaran 2021 mendatang. Hal tersebut seiring dengan diperbolehkannya masyarakat untuk merayakan Hari Raya Idulfitri 2021 oleh Kementerian Perhubungan.

SM/Dananjoyo : Wisatawan dengan membawa tas koper saat berada di Malioboro Yogyakarta, Jumat (19/3).

Namun Sultan meminta para calon pemudik menerapkan protokol kesehatan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas) dengan ketat. “Dasarnya tidak apa-apa, tapi kita masih menunggu kebijakannya seperti apa,” ujar Sultan.

Menurut Sultan, mobilitas di DIY pasti akan tinggi bila memang akan didatangi oleh para pemudik oleh karena itu nantinya Pemerintah Daerah (Pemda) DIY harus membuat kebijakan. “Mobilitas akan cukup meningkat karenanya harus ada kontrol akan penerapan 5M dengan baik dan itu harus dipenuhi,” tegasnya.

Guna mengantisipasi mobilitas, lanjut Sultan, Pemda DIY kemungkinan besar akan memperketat sejumlah perbatasan yang menjadi pintu masuk ke wilayah DIY dengan penyekatan dan pengetatan bagi para pemudik dengan pengecekan surat keterangan sehat dan bebas Covid-19 bagi para pengendara kendaraan yang berasal dari luar kota.

Hingga saat ini menurut Sultan, belum ada kebijakan lain untuk mengatur para pemudik seperti ketentuan isolasi mandiri dan lainnya. “Nanti liat dulu, apakah perlu isolasi mandiri apa tidak, kita belum tahu persis kebijakan dari pusat,” tutupnya.