Stok Sembako di Purworejo Aman Hingga Tiga Bulan Kedepan

PURWOREJO, SM Network – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo memastikan stok kebutuhan pangan, aman hingga tiga bulan kedepan. Masyarakat dihimbau tidak perlu panik, apalagi sampai melakukan panic buying/belanja berlebihan.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (KUKMP) Purworejo Bambang Susilo, mengatakan, pihaknya sudah melakukan tinjauan terhadap rantai distribusi sembako, mulai dari produsen dan distributor dan suplier sampai pedagang eceran.

“Hasil pantauan kami, ketersediaan barang pokok tercukupi. Pedagang menyatakan tidak ada masalah untuk pasokan dan distribusi, meski sedang ada pandemi Covid-19. Pasokan aman setidaknya untuk tiga bulan mendatang,” katanya.

Terkait dengan harga sembako, Bambang menyebut tidak ada gejolak harga yang signifikan seperti halnya yang terjadi jelang lebaran. Selain itu, pasokan sembako dari pabrik dan petani, terus mengalir memenuhi gudang-gudang distributor di Purworejo.

Menurutnya, justru yang menjadi perhatian pemkab adalah kerumunan akibat peningkatan warga yang beraktivitas di pasar. Ia menghimbau kepada masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan untuk menekan resiko penularan Covid-19.

“Kami melalui pengelola pasar mengingatkan kepada warga untuk wajib pakai masker dan tidak berdesak-desakan. Meski di pasar tradisional, tetap berusaha jaga jarak,” tegasnya.

Distributor sembako di Kutoarjo, Haryanto mengatakan, pasokan sembako aman. Tidak ada kelangkaan barang atau lonjakan harga. Kendati demikian, Pandemi Covid-19 yang saat ini tengah berlangsung, diakuinya berimbas pada lesunya perekonomian.

“Naik wajar, paling lima persen atau maksimal sepuluh persen. Dagang sembako tidak bisa untung besar, karena itu kebutuhan pokok dan masyarakat. Suasana pasar menjelang lebaran tahun 2020 lebih sepi dibandingkan tahun lalu,” pungkasnya.


Sugeng Heru Prayogo

Tinggalkan Balasan