Sri Purnomo Bantah Lakukan Politik Dinasti

SLEMAN, SM Network – Istri Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo memastikan diri maju dalam Pilkada 2020. Kustini bersama pasangan calon wakil bupatinya, Danang Maharsa resmi mendaftar ke KPU pada Jumat (4/9) lalu.

Isu politik dinasti pun santer berembus bahkan sejak jauh hari sebelum masa pendaftaran. Menanggapi hal itu, Bupati Sleman Sri Purnomo menyebut langkah pencalonan istrinya bukan merupakan politik dinasti.  

“Istri diminta maju oleh sebagian besar masyarakat, khususnya dari Partai PDIP, PAN, Demokrat, dan Gelora. Saya lihat itu bukan suatu dinasti,” kata Sri saat diwawancara, baru-baru ini.

Dalam pandangannya, dinasti adalah kekuasaan berbentuk kerajaan dimana tampuk kepemimpinan diberikan secara turun-temurun, tanpa ada proses pemilihan. Sementara Kustini, kata Sri, diberi amanah untuk maju. “Ini kan pilihan yang dikompetisikan bersama rakyat. Orang yang memandang itu politik dinasti adalah orang yang terusik,” ujarnya.

Bupati petahana ini juga membantah tudingan telah melakukan nepotisme. Dia beralasan, dalam sistem Pilkada, yang berlaku adalah teori probabilitas. Calon yang kemungkinan besar bisa menang, maka sosok itulah yang diharapkan oleh rakyat.  

Pada kontestasi Pilkada nanti, Kustini akan berhadapan dengan dua calon lain. Salah satunya adalah Wakil Bupati petahana Sri Muslimatun yang mencalonkan diri sebagai bupati. Kendati wakilnya akan bersaing dengan istri, Sri mengaku tidak ada persoalan ketika bersama-sama menjalankan roda pemerintahan. 

“Pemerintahan berjalan seperti biasa. Ada saat berkompetisi, ada saatnya jalan bersama membangun Sleman, tidak ada jarak diantara kami,” tukasnya.

Menjawab slentingan soal isu bupati boneka, Sri hanya merespon dengan santai. Dia menyebut pernyataan semacam itu adalah bagian dari strategi kampanye. 

“Ya, kan boneka cantik yang ditunggu-tunggu banyak orang. Ketika istri saya sedang bertugas di PKK, Perwosi, Dekranasda ataupun PAUD, dia jalan sendiri, saya tidak ikut,” katanya.

1 Komentar

  1. 943229 438023jobs for high school students – Search for Jobs on our web site, we give several very good links towards the finest and biggest Portals to getting a Job as a high school student! 321241

Tinggalkan Balasan