Soal Virus Corona, Warga Magelang Diminta Tenang

MAGELANG – Wali Kota Magelang, Sigit Widyonindito memastikan wabah virus corona belum masuk ke wilayah Magelang. Namun demikian, masyarakat diminta tetap waspada terhadap penyebaran virus yang dinilai mematikan itu.

“Kita tidak perlu berlebihan, tapi waspada itu harus. Memang belum masuk ke Magelang, tapi tetap waspada,” ujarnya usai Apel Pagi Luar Biasa Dikaitkan dengan Penyerahan SPPT PBB P2 di kompleks Kantor Walikota Magelang, Rabu (29/1).

Dia menuturkan, meski virus yang bisa menular lewat udara itu belum masuk ke Magelang, namun pihaknya sudah memerintahkan rumah sakit, Dinas Kesehatan (Dinkes), dan pihak lainnya untuk aktif memeriksa pasien.

“Gejalanya kan bisa diketahui, meskipun untuk pembuktiannya harus melalui laboratorium. Kita sudah punya laboratorium itu, sehingga pemerintah bisa melakukan pengecekan,” katanya.

Sigit menegaskan, pihaknya akan mengamati warga negara asing dari Cina yang bekerja di Kota Magelang. Terutama jika mereka baru saja pulang dari negara asalnya. Ia juga sudah memerintahkan rumah sakit maupun organisasi perangkat daerah (OPD) untuk mempersiapkan segala sesuatu terkait penanganan virus corona.

“Kalau yang sudah lama tinggal di sini ya nggak perlu dicek. Tapi yang baru saja pulang kampung ini saya kira butuh perlakuan lebih. Karena bagaimanapun pergerakan virus ini harus kita waspadai,” tandasnya.

Senada disampaikan Sekda Kota Magelang, Joko Budiyono yang mengimbau masyarakat tidak berpergian dulu ke China. Ini menjadi bagian antisipasi virus corona yang diduga berasal dari Wuhan, Cina itu.

“Terlebih sudah ada informasi kalau negara-negara tetangga Cina di Asia Tenggara ada yang terdampak virus itu. Saya harap masyarakat tidak terlalu panik dan khawatir, tapi baiknya memang jangan berpergian dulu ke China,” jelasnya.

Menjaga Kesehatan

Selain itu, dia juga mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan dengan baik, seperti pola makan teratur dan olahraga yang cukup. Hal ini menjadi upaya antisipasi yang bagus, agar badan selalu sehat bugar.

“Olahraga teratur, istirahat yang cukup akan membuat badan menjadi sehat dan terhindar dari penyakit,” tuturnya.

Menurut Joko, ada baiknya masyarakat yang baru saja berpergian ke luar negeri dan terserang flu untuk segera periksa ke layanan kesehatan. Dinkes pun diminta aktif dalam mengantisipasi virus mematikan ini dengan menyediakan pemeriksaan terhadap warga yang baru saja dari luar negeri maupun turis asing.

“Kita buka layanan pemeriksaan 24 jam. Apabila ada yang terserang flu setelah dari luar negeri, saya harap bisa memeriksa dan cek kesehatan. Hal ini tentunya untuk menjaga virus corona tidak menyebar di Indonesia, termasuk Kota Magelang,” ungkapnya.


Asef Amani

2 Komentar

  1. 626735 345562hi and thanks for the actual blog post ive lately been looking regarding this specific advice on-line for sum hours these days as a result thanks 345415

  2. 187199 205068Hi there! I merely want to give a huge thumbs up for the excellent data you can have correct here on this post. I will likely be coming once again to your weblog for much more soon. 424783

Tinggalkan Balasan