Soal Pilkada, PMI Sleman Tegaskan Netral

SLEMAN, SM Network – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman menyatakan sikap netral dalam pelaksanaan Pilkada 2020. Organisasi kemanusiaan ini tidak berafiliasi kepada golongan manapun, terlebih jika dikaitkan dengan Pilkada.
“Kalau ada yang menuding PMI berpihak, itu berarti tidak paham soal kepalangmerahan. Kami melayani semua pihak yang datang karena PMI sifatnya terbuka,” kata Ketua PMI Sleman Sunartono, Selasa (28/7).

Pernyataan ini dia sampaikan merespon isu yang beredar bahwa PMI Sleman mendukung salah satu bakal calon Pilkada 2020. Tudingan itu muncul lantaran pejabat bersangkutan kerap muncul dalam kegiatan donor darah. “PMI tidak pernah membedakan bahkan jika ada pengurus partai yang mau donor juga kami layani. Siapapun boleh mengakses,” tandasnya.
Sunartono mengatakan, jika PMI mengundang suatu acara, maka akan ditujukan kepada lembaga resmi. Namun selama ini, pihaknya mengklaim tidak pernah mengundang siapapun. Kendati demikian, PMI akan terus bermitra dengan semua pihak termasuk pemerintah.

“Mungkin yang mengundang panitia penyelenggara. Tapi bagi kami sendiri, jika ada pejabat yang datang sebenarnya menguntungkan karena memberi motivasi kepada masyarakat. Dibuktikan kalau ada pejabat hadir, pendonornya lebih banyak,” beber dia.

Di kalangan intern, PMI memberi rambu kepada karyawan yang menjadi tim sukses diminta berhenti sementara waktu tanpa digaji. Demikian halnya jika ada pengurus yang terlibat timses, diminta untuk off sementara dari kegiatan PMI. Aturan itu sesuai dengan surat dari PMI Pusat Nomer 0783/ORG/VI/2020, dan 7 prinsip dasar gerakan palang merah.

Berdasar prinsip dasar itu, fokus organisasi adalah memberi pelayanan kepada masyarakat terutama saat mengalami kesulitan seperti bencana, kecelakaan, dan pandemi. “Ini bukan berarti membatasi hak politik tapi jangan bawa-bawa PMI untuk kepentingan politik,” imbuhnya.


Amelia Hapsari

4 Komentar

  1. Like!! Great article post.Really thank you! Really Cool.

  2. Hi there, after reading this amazing paragraph i am as well delighted to share my knowledge here with friends.

Tinggalkan Balasan