Sleman Zero Zona Merah Covid-19

SLEMAN, SM Network – Wilayah Kabupaten Sleman kini bebas dari zona merah Covid-19. Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman per akhir Juni menyebutkan, dari 17 kecamatan terdapat tujuh wilayah yang masuk kategori zona oranye, sembilan zona kuning, dan satu zona hijau.

Perubahan ini cukup drastis mengingat pada 20 Juni masih terdapat empat kecamatan yang berstatus zona merah yakni Gamping, Mlati, Depok, dan Ngemplak. “Kondisi per tanggal 28 Juni 2020, tidak ada zona merah,” ungkap Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Sleman Shavitri Nurmala Dewi, Kamis (2/6).

Sesuai Perpu, suatu daerah disebut zona merah apabila terjadi transmisi lokal yaitu penularan dari generasi dua ke generasi ke tiga yang dapat dibuktikan secara epidemiologi. Penularan setempat itu berlangsung dalam satu bulan terakhir.

Lebih lanjut Evi menjelaskan, zona merah bisa turun menjadi oranye jika dari kasus terakhir di generasi tersebut tidak menularkan ke generasi berikutnya. “Dusun Tegalsari Wedomartani Ngemplak, Karangbajang Tlogoadi Mlati, dan Jitengan Balecatur Gamping, dan Manggung Caturtunggal Depok sudah lebih dari satu bulan tidak ada laporan penularan. Sehingga, statusnya naik menjadi oranye,” beber Evi.

Namun demikian, status epidemiologi Covid-19 ini sewaktu-waktu bisa berubah. Pemantauan terakhir dari tiap puskesmas tercatat penurunan jumlah orang tanpa gejala (OTG) yang memeriksakan diri. Tapi setiap hari terus dilakukan pendataan.

Adapun data terakhir per tanggal 28 Juni, tujuh wilayah yang masuk zona oranye meliputi Kecamatan Sleman, Depok, Prambanan, Ngaglik, Gamping, Godean, dan Mlati. Suatu kecamatan disebut zona oranye jika ada lebih dari satu desa yang terdapat kasus positif aktif.

Sementara, wilayah zona kuning mencakup Kecamatan Tempel, Turi, Pakem, Berbah, Kalasan, Ngemplak, Moyudan, Minggir, dan Seyegan. Sembilan wilayah itu masuk kategori zona kuning lantaran ada salah satu desa yang pernah atau masih ada kasus positif Covid-19.
Untuk zona hijau, satu-satunya kecamatan yang masih bertahan adalah Cangkringan. Sampai saat ini belum pernah ditemukan kasus positif di kecamatan yang berada di kawasan lereng Merapi tersebut.


Amelia Hapsari

Tinggalkan Balasan