Siswa MA Wathoniyah Islamiyah Karangduwur Galang Dana Peduli Gempa

KEBUMEN, SM Network – Siswa Madrasah Aliyah (MA) Wathoniyah Islamiyah Karangduwur, Kecamatan Petanahan, Kebumen, menggalang dana peduli gempa Sulbar Mamuju dan Majene. Kegiatan yang diikuti sebanyak 50 siswa madrasah setempat itu berlangsung di sekitar Pasar Petanahan, pertigaan lampu merah Alun-alun Kebumen dan perempatan Tugu Lawet.

“Hasil dari kegiatan penggalangan dana dengan tema ‘Kebumen Peduli Korban Gempa Sulbar Mamuju dan Majene’ ini akan disalurkan kepada para korban,” kata salah satu siswa Lulu Fadhilah, yang melakukan penggalangan dana selama tiga hari sejak Jumat – Minggu (23 – 25/1).

Penggalangan dana juga dilakukan di perumahan warga. Dikatakan Lulu, walaupun di masa pandemi Covid-19, masyarakat Kebumen pada umumnya memiliki kepedulian dan empati yang tinggi. Pada Sabtu saja, dana yang terkumpul dari masyarakat hampir mencapai Rp 8 juta.

“Jadi total dengan hasil penggalangan di Minggu pagi ini mencapai Rp 14 juta. Senin, dana akan sesegera mungkin ditransfer ke lembaga yang menangani bantuan,” ucapnya.

Ia berharap bantuan tersebut bisa sedikit banyak meringankan para korban bencana alam khususnya di Mamuju dan Majene. Kepada masyarakat Kebumen, pihaknya menghaturkan banyak terima kasih atas bantuan yang telah diberikan.

Sebelum siswa melakukan penggalangan dana, dari pihak madrasah memberikan brifing dengan tetap menjaga protokol kesehatan. Meliputi memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan dengan sabun.

Brifing dipimpin oleh Waka Kesiswaan MA Wathoniyah Islamiyah Karangduwur Hajar Maunah SPd. Menurutnya, kegiatan tersebut secara tidak langsung merupakan bagian dari pendidikan kepekaan, empati dan kepedulian sosial yang tidak didapatkan di dalam kelas. “Manfaatnya sangat besar sekali bagi siswa, karena akan membekas dalam hati siswa,” tutur Hajar.

Tinggalkan Balasan