Sikat Jaran Polisi Tangkap 10 Anggota Sindikat Curanmor di Temanggung

TEMANGGUNG, SM Network – Operasi Sikat Jaran Candi yang digelar Polres Temanggung berhasil menangkap 10 orang jaringan curanmor, baik pelaku pencurian maupun penadah hasil kejahatan. Meraka ditangkap di tempat berbeda di berbagai kecamatan dengan perannya masing-masin pemetik, pengawas, dan penadah kendaraan hasil curian.

Kapolres AKBP Muhammad Ali mengatakan, dari 10 orang ini pihaknya berhasil mengamankan barang bukti berupa 12 sepeda motor dari berbagai jenis dan merek. Selain diamankan pula kunci T, dan sejumlah pelat nomor serta kunci sepeda motor.

“Operasi Sikat Jaran Candi digelar dari 6 hingga 25 Juli 2020 melibatkan semua unsur termasuk jajaran polsek wilayah hukum Polres Temanggung. Dari 10 tersangka satu berinisial FAS masih di bawah umur, tersangka dijerat Pasal 362 KUHP dengan ancaman 16 tahun tapi dilakukan diversi. Sedankan tersangka SY, RSP, DII, RP, dan JW dijerat Pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara,”ujarnya kemarin.

Lalu tersangka lain, MD,PR, dan SY dijerat Pasal 480 KUHP tentang pertolongan jahat terhadap tindak pidana pencurian atau penadahan. Mereka terancam 5 tahun penjara. Dari kasus ini ada tiga orang masuk daftar pencarian orang (DPO), yakni SY, RSP, dan PR.

Sementara itu tersangka SY dan PR yang merupakan residivis curanmor mencuri di daerah Parakan. Sebelumnya mencuri sepeda motor di Kaloran, Jumo, Temanggung, Jumo, Bulu, Kedu, Candiroto, dan Bejen. SY mengaku pernah mencuri sepeda motor di Gedung Dakwah Kowangan, Gedung Aneka Guna Kaloran, dan di halaman Kantor Desa Kedu.

“Saya mencuri menggunakan kunci T dengan mengamati kalau pemilik lengah, hanya butuh waktu 5 menit saja untuk membandrek kunci kontak lalu saya bawa kabur. Setelah itu dijual laku Rp 1 juta sampai Rp 2 juta per unit. Tapi saya melakukan ini karena terdesak kebutuhan hidup,”akunya.


Raditia Yoni Ariya/K41

4 Komentar

  1. Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

  2. I like this website very much, Its a very nice office to read and incur information.

  3. These are actually great ideas in concerning blogging.

Tinggalkan Balasan