Sigit Ajak Refleksi 9 Tahun Kepemimpinan

MAGELANG, SM Network – Tahun 2010 menjadi awal Sigit Widyonindito menjabat sebagai Wali Kota Magelang. Bersama wakilnya, Joko Prasetyo, Sigit membawa Kota Magelang hingga tahun 2015. Selama periode itu, banyak karya yang telah dibuatnya, salah satunya pembangunan Pasar Rejowinangun.

Pasar tradisional terbesar ini bisa dibilang monumental, karena perlu cukup lama sejak terbakar tahun 2008 hingga mampu berdiri lagi di tahun 2014. Tepat satu tahun sebelum periode pertama habis, Sigit mampu menghadirkan kembali pasar ini untuk masyarakat.

Kegigihannya membangun Kota Sejuta Bunga berlanjut ke periode kedua kepemimpinan bersama Windarti Agustina (2016-2021). Tidak hanya proyek yang monumental, Sigit juga berhasil mengurangi angka kemiskinan dari semula 15 persen menjadi 7,46 persen di saat ini.

“Di awal kepemimpinan, saya mendapat angka kemiskinan yang cukup tinggi, yakni 15 persen. Dari sini saya harus bekerja keras untuk bisa menurunkannya,” ujar Sigit di acara Refleksi 9 Tahun Kepemimpinan Wali Kota Magelang di Gedung Wiworo Wiji Pinilih, Senin (17/2).

Di momen refleksi ini, ia ingin menunjukan kepada para pejabat dan jajarannya di Pemkot Magelang terkait capaian-capaian selama 9 tahun kepemimpinannya ini. Sekaligus sebagai pemicu semangat untuk terus meningkatkan kinerja di tahun-tahun mendatang.

“Periode kepemimpinan saya tinggal setahun lagi, atau bahkan kurang. Saya ingin melihat selama 9 tahun ini apa yang telah kita capai, sekaligus pembelajaran bagi generasi berikutnya,” katanya didampingi wakilnya, Windarti Agustina dan Sekda Joko Budiyono.

Suami dari Yetty Biakti itu menuturkan, capaian kinerja selama kepemimpinannya membanggakan. Terakhir, di tahun 2019 lalu pemerintahannya mampu mencapai tingkat serapan anggaran yang tinggi, yakni 90 persen.

“Angka ini berarti apa yang kita rencanakan dapat dirasakan oleh masyarakat. Tentu ini kerja kita bersama, termasuk dukungan dari anggota dewan terhormat,” tuturnya.

Sigit mengaku, di masanya ini sekolah gratis bisa terealiasi. Sejak empat tahun lalu, seluruh siswa yang bersekolah di Kota Magelang mendapatkan beragam fasilitas gratis.

“Untuk merealisasikan ini bukan hal sepele, karena saya harus berhadapan dengan anggota dewan. Salah satu yang jadi pertanyaan waktu di awal dulu adalah sekolah gratis ini untuk siapa. Saya jawab untuk semua yang sekolah di kota tanpa pandang itu dari Kota atau Kabupaten Magelang,” jelasnya.

Ia juga menyinggung soal aset. Sigit menyebutkan, sudah banyak aset yang kembali menjadi milik Pemkot Magelang. Dicontohkannya aset di SMP 13 Magelang, lahan samping barat Polres Magelang Kota, dan Kantor Disporapar yang baru sudah menjadi milik Pemkot Magelang.

“Sekarang sedang proses aset di sisi utara RSJ Dr Soeroyo Magelang seluas sekitar 1,5 hektar. Dalam waktu dekat akan menjadi milik kita,” tandasnya.

Satu tahun menjelang periodenya habis, Sigit sudah menyepakati kerja sama dengan investor untuk membangun area eks Magelang Theatre (MT) di kawasan Alun-alun. Gedung yang dulunya bioskop ini akan dibangun bangunan setinggi 15 lantai dengan isinya nanti berkutat pada jasa.

Sebelumnya, ia sudah berhasil mendirikan bangunan RSUD Tidar setinggi 8 lantai yang rencana akan diresmikan pada bulan Maret mendatang. Bangunan ini menjadi monumental di samping bangunan lain yang juga monumental, seperti Gedung Wanita dan lapangan Tenis Indoor/Outdoor.

“Sebagai pemimpin, saya juga harus memiliki jiwa entrepreneur. Artinya, saya harus bisa menjual kota ini agar banyak investor yang masuk. Contohnya investor pembangunan eks-MT itu saya yakin efek gandanya ke masyarakat besar,” paparnya.

Sigit tidak menutup mata, selama 9 tahun kepemimpinannya ini tak luput juga dari masalah yang tak kunjung selesai. Ia menyebutkan, masalah yang terus menghinggapi adalah sampah dan air minum.

“Kita sedang menyiapkan TPST Bojong untuk mengurangi kiriman sampah ke TPA Banyuurip yang kawasannya sudah ditetapkan sebagai area hijau oleh Pemkab Magelang. Pling penting saya mendorong agar kampung organik dan pengolahan sampah dikelola dengan baik,” terangnya.


Asef Amani

1 Komentar

  1. 364861 767440Hello fellow web master! I genuinely enjoy your site! I liked the color of your sidebar. 894836

Tinggalkan Balasan