Sibusah Basuh Akan Jadi Program Unggulan Pemkab Kebumen

KEBUMEN, SM Network – Sibusah Basuh akan menjadi salah satu program unggulan Pemkab Kebumen. Program untuk mendukung 100 hari bupati yang baru itu yakni santri di Kebumen menjadi sehat dan berkah (Sibusah) dan bapak asuh (Basuh).

Hal itu terungkap dalam rapat bersama pejabat terkait di Gedung F Kompleks Setda yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Ahmad Ujang Sugiono. Menurut Ujang, program tersebut membutuhkan dukungan masyarakat setelah bupati yang baru nanti dilantik.

“Pemerintah Kabupaten tidak bisa bekerja sendiri untuk mewujudkannya,” jelas Ujang. Untuk program Sibusah, kata Ujang diharapkan pula mendapat dukungan dari para pengurus pesantren. Melalui program tersebut, nantinya di pesantren akan diselenggarakan Pos Kesehatan Pesantren (Poskestren) dan program lain untuk mendukung pesantren sehat.

Adapun program Basuh sasarannya adalah santri pondok pesantren dari keluarga kurang mampu berupa bantuan beasiswa. “Beasiswa ini khusus bagi santri warga Kabupaten Kebumen yang mondok,” ucap Ujang.

Hadir dalam rapat tersebut Plt Asisten 1 Amin Rachman Nuroshid, Kepala Dinas Kesehatan Dwi Budi Satrio, Kepala DPPKAD Aden Andri Susilo, Kepala Dinas Dukcapil Maskhemi, Kepala Dinas Perkim LH Edy Riyanto, Kabag Kesra Wahib Tamam dan perwakilan dari Kantor Kemenag Kebumen.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Budi Satrio menyampaikan bahwa podok pesantren merupakan salah satu bagian dari masyarakat Kebumen. “Warga pesantren juga harus diperhatikan untuk masalah kesehatannya, karena santri merupakan calon pemimpin,” ujar Budi Satrio.

Ia juga mencermati kondisi yang kerap terjadi di begitu banyak pondok pesantren di Indonesia, seperti adanya penyakit kulit yang menimpa para santri. Untuk itu, program Pos Kesehatan Pesantren merupakan program yang sangat baik.

Lebih lanjut, untuk program Basuh akan dilaksanakan di empat pondok pesantren yaitu Ponpes Mamba’ul Hisan Kecamatan Mirit, Ponpes Al Kahfi Somalangu Kebumen, Ponpes Nurul Falah Kecamatan Sruweng dan Ponprs An Nahdiyah Kecamatan Ayah.

Sedang sebagai percontohan yaitu Ponpes Al Istiqomah Kecamatan Petanahan yang sudah menerapkan Program Pesantren Sehat dan Poskestren. Pesantren yang terdapat Kampung Arab itu diasuh oleh KH Ali Muin LC, yang lukisan Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.

Tinggalkan Balasan