SLEMAN, SM Network – Wilayah DIY dan sekitarnya sedang masuk masa pancaroba. Permulaan musim hujan diprediksi datang pertengahan Oktober hingga awal November. Di tengah kondisi pancaroba, bahaya cuaca ekstrem mengintai berupa hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang. Cuaca ekstrem ini muncul disebabkan keadaan atmosfer cukup labil, sehingga berpotensi membentuk awan konvektif.

“Hujan dapat terjadi terutama di siang sampai sore hari dengan skala lokal. Contohnya kejadian kemarin di beberapa wilayah seperti Sleman, dan Kulonprogo,” kata Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Sleman Etik Setyaningrum, Selasa (29/9).

Prediksi curah hujan pada dasarian terakhir September ini berkisar 25-50 mm. Memasuki Oktober, diperkirakan jumlah curah hujan per dasarian akan meningkat sekitar 40-70 mm. Sehingga, lanjut Etik, secara iklim di bulan Oktober mendatang, curah hujan akan bertambah akumulasinya dibandingkan September ini. Menghadapi resiko cuaca ekstrem, BMKG memberi beberapa imbauan.

“Waspada potensi genangan, banjir maupun longsor. Diantisipasi pula bahaya pohon maupun baliho roboh akibat hujan disertai angin,” tutur Etik.

Selain itu jika terjadi hujan disertai petir, diingatkan agar tidak berlindung di bawah pohon. Kepala Stasiun Klimatologi Sleman Reni Kraningtyas menambahkan, perkiraan awal musim hujan pada Oktober dasarian dua dimulai dari wilayah Kulonprogo bagian utara, dan sebagian besar Sleman sisi barat dan utara.

Berlanjut ke dasarian tiga yang meliputi Kulonprogo bagian selatan, Sleman bagian timur, dan sebagian besar Bantul. Wilayah yang paling akhir turun hujan prediksinya sebagian Bantul timur, dan mayoritas Gunungkidul.

“Perbandingan awal musim di DIY sama dengan kondisi rata-rata, kecuali wilayah Gunungkidul bagian utara dan sebagian kecil Kulonprogo barat yang mundur satu dasarian,” terangnya.

Sifat hujan periode 2020/2021 umumnya dalam kondisi normal. Adapun puncak musim hujan akan berlangsung pada bulan Februari 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here