SM/dok

SLEMAN, SM Network – Menyambut Tahun Baru Imlek ke-2752 yang jatuh di tanggal 12 Februari 2021, Sleman City Hall (SCH) kembali menggelar Sleman Imlek Festival 2021. Sleman Imlek Festival dimulai dari tanggal 12 Februari – 28 Februari 2021 di dua lokasi yaitu Atrium Rama lantai ground floor dan Garden lantai 1. Deretan acara bertema oriental dihadirkan untuk menyambut tahun Kerbau Logam.

Sleman Imlek Festival 2021 resmi dibuka pada Jumat (12/2) secara simbolik dengan penabuhan tambur dan penampilan barongsai dari Panbers (Paguyuban Naga Barongsai Beskalan) sebagai simbolisasi. “Sleman Imlek Festival 2021 diharapkan dapat menjadi tempat pengunjung untuk merayakan momen imlek bersama keluarga sekaligus berekreasi serta memperkenalkan kebudayaan Tionghoa melalui makanan, perabotan, dan kesenian,” kata Public Relations SCH, Uray Dewi.

Sleman Imlek Festival akan dimeriahkan dengan beragam pertujukkan kesenian kebudayaan Tionghoa, pameran perabotan khas peranakan, Chinese forecast, dog fashion show, dan spesial imlek gift bagi pengunjung SCH. Pengunjung juga dapat mencicipi beberapa makanan tradisional dari beberapa negara di Asia seperti Korea, Jepang, dan Tiongkok.

Hadir pula jajanan kekinian di Sleman Imlek Culinary dari tanggal 12 Februari hingga 21 Februari 2021 di Garden lantai 1. Penampilan tari tradisional, modern, menyanyi, drama, puisi, dan permainan alat musik dari berbagai sanggar kesenian di Yogyakarta turut memeriahkan Sleman Imlek Festival 2021.

“Sabtu (20/2) mendatang juga akan digelar dog fashion show,” imbuhnya.

Pameran perabotan dengan motif bunga sakura, naga, burung phoenix, dan ukiran ukiran khas Tionghoa peranakan dipamerkan di Chinese furniture exhibition di Atrium Rama. Pengunjung juga bisa membeli perabotan secara langsung. Pengunjung yang ingin melihat peruntungan, jodoh, dan rejeki di tahun kerbau logam dapat langsung mendatangi Chinese forecast di Garden lantai 1 dari tanggal 12 Februari – 21 Februari 2021 dan di Atrium Rama lantai ground floor di tangal 22 Februari – 28 Februari 2021.

“Kami juga bekerjasama dengan Jagad artwork menghadirkan 2 ekor dinosaurus jenis raptor dan dilophosaurus,” ujarnya.
Selama Sleman Imlek Festival, SCH menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Dimulai dari penyempotan cairan disinfektan di seluruh area sebelum dan setelah acara. Pengunjung dan seluruh panitia wajib mencuci tangan sebelum masuk ke area. Petugas akan melakukan pengecekan suhu tubuh dan penyemprotkan hand sanitizer. Seluruh pengujung dan panitia wajib untuk menggunakan masker dan menjaga jarak.