Sepekan, Ribuan Masyarakat Wonosobo Terjaring Razia Protokol Kesehatan

WONOSOBO, SM Network – Ribuan masyarakat wonosobo terjaring operasi protokol kesehatan yang digelar oleh tim gabungan yang terdiri dari Satpol PP, TNI dan POLRI. Terhitung mulai tanggal 24 hingga 24 Agustus sebanyak 1.486 tidak menaati protokol kesehatan.

“ Jumlah tersebut merupakan akumulasi pelanggar masker sebanyak 1.380 orang serta pemilik toko, warung, restoran serta tempat perniagaan lain yang tidak menerapkan protokol kesehatan sebanyak 76 orang” Ungkap Kasatpol PP Haryono, melalui Kabid Trantibum, Hermawan Animoro.

Dikatakan Hermawan, jumlah pelanggar yang berhasil dijaring oleh tim gabungan tersebut baru berasal dari tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Wonosobo, Kecamatan Mojotengah dan Kecamatan Garung. “Untuk jumlah tertinggi berasal dari Kecamatan Mojotengah yaitu berjumlah 400 orang pelanggar,” kata Hermawan.

SM/Dok – RAZIA : Petugas Gabungan melakukan operasi protokol kesehatan baru-baru ini.

Operasi yang digelar oleh tim gabungan tersebut merupakan penerapan Peraturan Bupati Nomor 38 Tahun 2020 tentang Pedoman Adaptasi Kebiasaan Baru di Kabupaten Wonosobo yang dikeluarkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Wonosobo.

“Pada intinya, operasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi serta untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pencegahan penyebaran virus Covid-19 di Kabupaten Wonosobo,”ujarnya.

Disamping melaksanakan sosialisasi, himbauan serta ajakan untuk mematuhi protokol kesehatan, tim gabungan juga menerapkan sanksi kepada pelanggar protokol kesehatan sesuai dengan Peraturan Bupati.

“Sanksi yang kami terapkan beragam sesuai dengan Peraturan Bupati antara lain teguran lisan/tertulis, kerja sosial, penghentian/ penutupan sementara penyelenggaraan usaha serta sanksi administratif lainnya, sedangkan untuk pengenaan denda administratif sebesar 50 ribu rupiah akan kami laksanakan secara bertahap setelah melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat,” terang Hermawan disela kegiatan.

Operasi penertiban protokol kesehatan akan digelar di seluruh wilayah Kabupaten Wonosobo secara periodik agar seluruh warga masyarakat dapat mematuhi protokol kesehatan. “ Kegiatan ini akan kami laksanakan secara rutin bersama dengan instansi terkait, seiring dengan kembali naiknya angka positif Covid-19 di Kabupaten Wonosobo agar nantinya seluruh warga masyarakat Wonosobo dapat menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 pada kehidupan sehari-hari sehingga angka Positif Covid-19 di Kabupaten Wonosobo dapat ditekan,”pungkas Hermawan.

Tinggalkan Balasan