SM/Arif Widodo - SILATURAHMI : Ketua TP PKK Kebumen Iin Windarti (kiri) bersilaturahmi dengan mantan Ketua TP PKK Kebumen Lilis Suryani di Gombong.

KEBUMEN, SM Network – Ada salah satu cara untuk menyentuh Hatinya PKK. Sebagaimana diungkapkan oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen, Iin Windarti Arif Sugiyanto yang mengajak anggotanya memanfaatkan halaman rumah untuk menanam berbagai tanaman.

Ya. Hatinya PKK tidak lain adalah akronim dari halaman asri, teratur, indah dan nyaman, yang dijadikan gerakan TP PKK Kebumen di bawah kepemimpinan Iin. Hal tersebut juga disampaikan saat istri Bupati Kebumen Arif Sugiyanto itu melakukan kunjungan ke rumah mantan Ketua TP PKK Kebumen Lilis Suryani.

Menurut Iin, selain membuat asri, indah, dan segar, pemanfaatan halaman rumah juga bisa meningkatkan ekonomi keluarga. “Banyak yang bisa kita tanam di halaman atau pekarangan sekitar rumah, baik untuk tanaman pangan maupun tanaman hias,” katanya.

Dijelaskan, pemanfaatan lahan atau pekarangan rumah dapat berfungsi sebagai lumbung hidup dan apotek hidup, serta sejalan dengan program Jogo Tonggo di masa pandemi.
Bahkan lahan sempit pun tak menjadi penghalang untuk mewujudkan gerakan Hatinya PKK.

“Dengan kreativitas, semua pasti bisa terwujud. Apalagi untuk tanaman hias tidak harus yang mahal. Yang erpenting bagaimana merawat dan menatanya supaya terlihat cantik dan membuat nyaman keluarga,” imbuhnya.

Saat Iin berada di rumah Lilis Suryani pun dibuat betah dengan semerbak berbagai jenis tanaman seperti anggrek, suplir, paku-pakuan serta sirih mini yang tampak asri dan tertata apik nan menawan.

Untuk memelihara tanaman supaya tumbuh sehat, Lilis Suryani memberi tips yakni tercukupinya sinar matahari, sirkulasi udara, penyiraman, dan pemupukan. “Tidak kalah penting, tanaman harus diperlakukan dengan penuh kasih sayang,” jelas Lilis Suryani.