‘Sengketa’ Akses Masuk Ruko Plaza Purworejo Ditutup

PURWOREJO, SM Network – Satuan Polisi Pamong Pradja Kabupaten Purworejo menutup akses masuk kawasan ruko plaza. Kompleks pertokoan ini masih dalam sengketa antara Pemkab Purworejo dengan PT Inter Wheeller Dunia (IWD).

Kepala Satpol PP dan Damkar Kabupaten Purworejo, Budi Wibowo, mengatakan, penutupan itu sebagai langkah pengamanan bangunan yang merupakan aset daerah. Penutupan juga dilakukan agar tempat tersebut tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

“Terkait dengan aset Plaza Purworejo ini sesuai dengan regulasi yang ada dalam arti sertifikat hak guna bangunan yang dimiliki PT Inter Wheeller Dunia sudah habis maka aset ini kita amankan,” katanya kepada wartawan, sore hari ini (28/05/2020).

Menurut Budi, sertifikat hak guna bangunan yang dikantongi PT IWD sudah habis sejak Desember 2019. Mayoritas pedagang juga sudah meninggalkan ruko sejak kontrak HGB yang menempati tanah milik pemkab Puworejo seluas 9.596 tersebut habis.

“Setelah habis pada bulan Desember kemarin, (mayoritas pedagang) sudah pindah semua, intinya ada 20 ruko yang menempati tempat ini,” katanya

Kendati demikian, lanjut Budi, pihaknya belum akan membongkar bangunan tersebut karena masih dalam situasi yang belum memungkinkan. Kedepan, rencananya ke depan akan dibangun fasilitas umum sesuai dengan intruksi bupati.

“Karena ini situasinya seperti ini kemungkinan nanti setelah masyarakat tenang lagi, juga berkaitan dengan anggaran juga sudah memungkinkan, nanti akan dibangun fasilitas umum,”katanya.

Diwartakan sebelumnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo, dalam digugat oleh PT Inter Wheeller Dunia (IWD) karena telah dinilai wanprestasi atas surat perjanjian Nomor: 590/2430/1989 tanggal 6 Juni 1989. Proses persidangan sudah memasuki tahap pemeriksaan berkas-berkas para pihak yang bersengketa.


Heru Prayogo

Tinggalkan Balasan