SMN/pendim KP - REHAB MASJID : Sejumlah personel TNI dan warga tengah mengelas besi sebagai bagian dari kegiatan rehab masjid di lokasi sasaran TMMD Reguler ke-107 Pedukuhan Prangkokan, Kalurahan Purwosari, Kapanewon Girimulyo, Kulon Progo.

KULONPROGO, SM Network – Berbagai pekerjaan menjadi sasaran fisik pada program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)Reguler ke-107 yang diinisiasi Kodim 0731/Kulon Progo sejak 16 Maret hingga 14 April mendatang.  Salah satu yang tak kalah penting adalah perbaikan sarana tempat  ibadah, berupa satu unit masjid yang berada di Pedukuhan Prangkokan, Kalurahan Purwosari, Kapanewon Girimulyo yang merupakan lokasi program yang dahulu bernama ABRI Masuk Desa itu.

“Kami rehab satu masjid yakni Masjid An-Nur di lokasi TMMD,” imbuh Dansatgas TMMD Letkol Inf Dodit Susanto, Jumat (27/3).

Masjid An-Nur kondisinya memang sudah rusak. Kerusakan utama dilihat di bagian atap hingga tempat wudhu yang masih sangat sederhana sehingga perlu  dilakukan perbaikan. Renovasi masjid sendiri dilakukan personel Satgas TMMD dibantu dan warga setempat yang dilakukan sudah sejak Pra TMMD dengan menurunkan genteng dan membongkar rangka atap bangunan utama masjid. Selanjutnya digantikan dengan rangka atap yang baru, sedangkan untuk genteng masih menggunakan genteng yang lama karena masih bagus dan bisa dipasang kembali.

“Untuk genteng hanya perlu dibersihkan. Rehab masjid saat ini sudah mencapai sekitar 50 persen pengerjaannya dan terus dikerjakan agar selesai sesuai target,” kata Dodit yang juga Dandim 0731/Kulon Progo itu.

Pekerjaan saat ini, berupa tahap pemasangan plafon, eternit, risplang , pengecatan dan pemasangan keramik tempat wudhu. 

“Dengan rehab tersebut kondisi masjid akan menjadi bagus dengan dilengkapi tempat wudhu yang bagus pula,” sambung Kapten Inf Sukamta, selaku Penanggung jawab rehab masdjid tersebut.

Terpisah, Supriyanta selaku Takmir Masjid An-Nur menambahkan, atas nama masyarakat Pedukuhan Prangkokan mengucapkan terima kasih kepada TNI yang telah menjadikan rehab masjid sebagai salah satu sasaran fisik pada TMMD Reguler ke-107. 

“Dengan kondisi masjid yang bagus dan nyaman, kami berharap masyarakat Pedukuhan Prangkokan semakin rajin beribadah, memakmurkan dan merawat masjid dengan sebaik-baiknya,” tambah Supriyanta.


Gading Persada