Sempat Terhambat Covid-19, Program PTSL di Purworejo Over Target

PURWOREJO, SM Network – Pandemi Covid-19 berdampak pada hampir semua lini kehidupan masyarakat. Tak terkecuali terhadap program sertifikasi tanah di Kabupaten Purworejo. Minat masyarakat untuk mensertifikatkan tanah juga ikut menurun.

Menurut Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Purworejo, Suwitri Irianto, terdapat penurunan minat masyarakat yang cukup signifikan untuk mensertifikatkan tanah atau mengikuti program pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).

“Karena kebutuhan ekonomi, sementara mensertifikatkan tanah pasti membutuhkan biaya, selain itu perhatian masyarakat juga terpusat untuk kewaspadaan Covid-19, bahkan kami juga sempat terhambat dilapangan karena akses desa ditutup,” katanya, Selasa (07/07/2020).

Kendati demikian, lanjut Irianto, kondisi tersebut tidak berpengaruh negatif terhadap capaian program PTSL tahun ini, yang ditargetkan setelah Covid-19 di 41 desa, meliputi 38.647 penerbitan bidang tanah (PBT) dan 30.884 sertifikat hak atas tanah (SHT), sedangkan target sebelum Covid-19 meliputi 60.000 PBT dan 56.000 untuk SHT.

“Capaian kita melebihi dari target yang ditentukan pasca Covid-19, yakni jumlah capaian PBT 41.484, dan SHT sebanyak 39.794. Kita urutan nomor 9 di Jateng, untuk capaian PTSL secara kualitas dan kuantitas, sedangkan peringkat desa lengkap urutan 4 di Jateng. Sedangkan untuk sertifikat yang terbit hingga hari ini sebanyak 2.325,” katanya.

Irianto menyebutkan, capaian program PTSL tersebut, meliputi 22 desa, di tiga kecamatan. Diantaranya, Desa Karanganom Kecamatan Butuh, dan Desa Kalirejo di Kecamatan Bagelen.

Sementara di Kecamatan Grabag meliputi Desa Tegalrejo, Desa Trimulyo, Desa Aglik, Desa Ukirsari, Desa Bendungan, Desa Rowodadi, Desa Wonoenggal, Desa Sangubanyu , Desa Tulusrejo, Desa Kalirejo, Desa Rejosari, Desa Dudukulon, Desa Duwuwetan, Desa Bakurejo, Desa Kedungkamal, Desa Nambangan, Desa Tunggulrejo, Desa Tlepokkulon, Desa Tlepokwetan dan Desa Kese.


Heru Prayogo

5 Komentar

  1. Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

  2. Hi there, after reading this amazing paragraph i am as well delighted to share my knowledge here with friends.

  3. These are actually great ideas in concerning blogging.

Tinggalkan Balasan