Sempat Memanas, RDP Tanah Kas Desa Pacekelan Tuai Kesepakatan

WONOSOBO – Sempat Memanas, Rapat Dengar Pendapat (RDP) yang digelar Komisi A DPRD Wonosobo dengan Pemerintah Desa Pecekelan Sapuran, di Ruang Badan Anggaran DPRD Wonosobo, Senin (6/8), tuai kesepakatan. Dalam rapat itu Pemerintah Desa Pacekelan sepakat untuk melanjutkan proses tukar menukar tanah kas desa yang digunakan untuk pembangunan SMAN 1 dan SMKN 1 Sapuran.

RDP yang dipimpin Ketua Komisi A DPRD Suwondo Yudhistiro dan dihadiri Pemerintah Kabupaten Wonosobo dalam hal ini BPPKAD, Dinsos PMD, Dikpora, Bagian Pemerintah Setda, Bagian Hukum Setda dan Kecamatan Sapuran serta Pemerintah Desa Pacekelan bersama tim kuasa hukumnya  berjalan alot sampai menghabiskan waktu berjam-jam dari pukul 10.00 hingga 17.00 WIB.

Dalam rapat tersebut Kepala Desa Pecekelan, Agus Prasetyo mengatakan, tanah yang digunakan untuk pembangunan SMAN 1 dan SMKN 1 Sapuran seluas 29 ribu meter persegi status tukar guling tanah sejak awal tidak jelas.

“Pihak Desa Pecekelan saat ini hanya diberi kompensasi berupa tanah pengganti. Hanya saja dari tanah seluas 29 ribu meter persegi, Pemdes Pecekelan hanya, menggarap 24.800 meter persegi karena disisa tanah 4.200 meter persegi disewakan Pemkab Wonosobo ke pihak ketiga untuk usaha SPBU,” paparnya.

Kepala DPKAD Wonosobo Junaedi mengatakan tanah yang dijadikan kompensasi ke Pemdes Pecekelan merupakan aset Pemda Wonosobo. Sisa tanah 4.200 meter persegi disewakan Pemkab Wonosobo kepada pihak ketiga. Berita acara kompensasi tanah pengganti dibuat 10 September 2009.

Sementara itu, Suwondo Yudhistiro mendorong terkait permasalahan asset daerah atau asset desa untuk segera diselesaikan. “Permasalahan yang ada harus segera diselesaikan. Harus diurai satu persatu seperti ini, kalau tidak diurai akan menjadi permasalahan yang terus terjadi. Ini baru satu kasus, tentunya masih banyak permasalahan lain, tapi tidak mencuat dipermukaan,” tandasnya.


Adib Annas Maulana

4 Komentar

  1. I am regular visitor, how are you everybody? This article posted at this web site is in fact pleasant.

  2. 382766 687123Hello. exceptional job. I did not anticipate this. This really is a splendid articles. Thanks! 967131

Tinggalkan Balasan