Sempat Jadi Klaster Covid, Indogrosir Kembali Dibuka

SLEMAN, SM Network – Pusat perbelanjaan Indogrosir di Jalan Magelang km 6 Sleman sudah kembali beroperasi. Supermarket itu sempat ditutup selama satu bulan setelah didapati karyawan yang positif Covid-19.

Bahkan Indogrosir menjadi salah satu klaster besar penularan Covid-19 di DIY. Dari catatan Suara Merdeka, sampai dengan Senin (15/6) tercatat sebanyak 52 pasien positif dari klaster Indogrosir termasuk karyawan, anggota keluarga, dan pengunjung supermarket.

“Menurut keterangan manajemen, mayoritas karyawan sudah sembuh tapi masih diberikan kesempatan untuk istirahat sampai akhir Juni,” ucap Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Sleman Shavitri Nurmala Dewi, Senin (15/6).

Sesuai laporan yang diterima pihaknya, Indogrosir mulai membuka layanan reguler per 10 Juni 2020. Beroperasionalnya kembali pusat perbelanjaan itu setelah memperoleh surat jawaban resmi dari Pemkab Sleman tertanggal 9 Juni 2020. Di dalam surat itu dijelaskan bahwa setiap operasional pelayanan harus memberlakukan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin. Termasuk pula aturan mengenai pembatasan jumlah dan waktu kunjungan, serta tata laksana pelayanan.

“Pihak Indogrosir diminta menandatangani surat pernyataan kesanggupan melaksanakan protokol kesehatan. Mereka juga menyatakan sanggup bertanggung jawab atas semua aktivitas karyawan, pemasok maupun pengunjung,” bebernya.
Evi menjelaskan, pertimbangan pemberian izin bagi manajemen Indogrosir karena merupakan salah satu penyedia kebutuhan bahan pokok sekaligus tempat kulakan bagi toko dan warung-warung kecil. Dengan dibukanya pusat perbelanjaan itu diharapkan tetap mendukung jalannya perekonomian masyarakat.

Selama Indogrosir beroperasi, Pemkab Sleman akan terus melakukan pemantauan dan evaluasi secara periodik. “Operasional Indogrosir tetap dalam pantauan Pemkab. Manajemen juga sudah diinstruksikan untuk menjunjung tinggi prinsip kehati-hatian sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19,” tegasnya. Gugus Tugas Covid-19 Sleman sudah mengambil respon cepat pasca temuan kasus positif pertama di klaster Indogrosir. Selain melakukan rapid test terhadap 300 karyawan, Pemkab juga mengadakan tes massal yang diikuti oleh 1.227 pengunjung Indogrosir.


Amelia Hapsari

4 Komentar

  1. Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

  2. I am regular visitor, how are you everybody? This article posted at this web site is in fact pleasant.

Tinggalkan Balasan