Sempat Dikritik DPRD, Peresmian Pasar Induk Wonsobo Tetap Sesuai Jadwal

WONOSOBO, SM Network – Pembangunan Pasar Induk Wonosobo yang telah rampung 100 persen sempat mendapat kritikan dari Komisi C DPRD Wonosobo. Kritikan tersebut dilontarkan Ketua Komisi C DPRD, Wahyu Lembu Suro Nugroho saat sidak ke pasar tersebut baru-baru ini. Meski demikian, peresmian yang rencananya akan digelar awal Februari 2021 akan tetap dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan.

Kabid Pasar Disperindagkop UMKM, Suprayitno mengatakan, pihaknya setuju dengan masukan Komisi C DPRD terkait ada beberapa ruang yang harus dibenahi karena berpotensi menimbulkan pedagang liar. Namun hal itu belum bisa dilakukan, mengingat pembangunan pasar telah selesai dan anggaran telah habis.

“Saya sangat sepakat, namun masukan dari DPRD belum bisa dilakukan, karena pembangunan sudah selesai dan anggaranya sudah habis. Kalau mau diperbaiki, maka harus disepakati dan dianggarkan untuk penggangaran berikutnya,” jelas Prayitno saat ditemui, Rabu (20/1).

Prayitno menjelaskan, ada empat lokasi di bawah tangga yang berpotensi menimbulkan pedagang liar. Meski belum bisa dibenahi, pihaknya akan memastikan pedagang bisa menempati kios masing-masing dengan tertib, supaya tidak terjadi konflik.

“Pembangunan sudah dinyatakan selesai 100 persen, dan rencananya akan diresmikan pada tanggal 3 Februari. Tapi kemarin yang dilihat pak wahyu, ada beberapa lokasi yang perlu dibenahi, karena rawan konflik jika ada pedagang liar,” jelasnya.

Sebelumnya, Ketua Komisi C DPRD Wonosobo, Wahyu Lembu Suro Nugroho meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonosobo tidak terburu-buru melakukan peresmian Pasar Induk. Pemkab diminta memastikan proses penyempurnaan pembangunan hingga selesai. Sehingga ketika ditempati, los-los yang ada sudah siap untuk digunakan.

“Jangan terburu-buru melakukan peresemian. Nanti malah jadi tidak berkualitas. Dari hasil sidak terlihat pasar memang sudah bagus. Tapi perlu banyak pembenahan. Ada yang belum rapi,” tandasnya.

Menurutnya, dari monitoring yang dilakukan di lokasi pembangunan Pasar Induk Wonosobo, secara keseluruhn pasar telah selesai dibangun. Pintu masuk juga sudah cukup representatif. Namun masih ada beberapa space atau ruang yang memancing tumbuhnya ruko liar di dalam pasar.

Tinggalkan Balasan