Sembuh, Tiga Pasien Corona Asal Sleman Boleh Pulang

SLEMAN, SM Network – Tiga pasien positif Covid-19 asal Sleman dinyatakan sembuh. Kesembuhan ini didasarkan hasil pemeriksaan laboratorium yang keluar pada Jumat (10/4).

Sebelumnya, pasien telah dua kali menjalani uji laboratorium dan hasilnya negatif. Setelah dinyatakan sembuh, ketiga pasien itu diperbolehkan pulang ke rumah. “Kondisi kesehatannya tetap dipantau oleh pihak rumah sakit,” ungkap Juru Bicara Pemda DIY untuk Penanganan Covid-19, Berty Murtiningsih, Jumat (10/4).

Tiga pasien asal Sleman yang sudah sembuh itu yakni kasus 8 (laki-laki, 36 tahun), kasus 18 (laki-laki, 14 tahun), dan kasus 26 (laki-laki 27 tahun). Sebelumnya, satu pasien perempuan umur 30 tahun asal Berbah sudah terlebih dulu dinyatakan sembuh. Pasien ini tercatat sebagai kasus ke-5.Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sleman Joko Hastaryo mengatakan, pasien yang sembuh masih harus menjalani karantina mandiri di rumah selama 8-10 hari. Tim media juga masih terus melakukan monitoring.

“Pemantauan terutama melalui gadget. Bila ada keluhan, baru dilakukan pemeriksaan fisik,” jelasnya.Selama karantina di rumah, eks pasien corona dianjurkan untuk tetap menjalani isolasi di kamar kecuali keperluan ke toilet.

Seluruh anggota keluarga yang tinggal satu rumah juga disarankan tetap mengenakan masker jika bertemu dengan yang bersangkutan.”Yang penting adalah jangan dikucilkan, baik oleh keluarga maupun masyarakat. Menjalani isolasi ketat di rumah sakit selama kurang lebih 21 hari merupakan perjuangan tersendiri, dan beban psikologisnya cukup berat,” ucap Joko.

Dari empat pasien sembuh asal Sleman, Dinkes setempat baru berhasil melacak tiga diantaranya yakni kasus 5, kasus 8, dan kasus 18. Sedangkan pasien kasus 26 yang berasal dari Kecamatan Mlati, hingga Jumat (10/4) malam belum terlacak alamat dan identitasnya.


Amelia Hapsari

1 Komentar

  1. 298432 631112Thanks for the fantastic post against your blog, it genuinely provides me with a look about this topic.??;~.?? 433084

Tinggalkan Balasan