SM/Panuju Triangga - BANTUAN APD: Petugas melakukan sterilisasi saat penyerahan bantuan APD dari PT Waskita Karya di halaman Dinas Kesehatan Purworejo, Sabtu (18/4).

PURWOREJO, SM Network – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) RAA Tjokronegoro yang selesai dibangun akhir 2019 lalu difungsikan oleh Pemkab Purworejo untuk isolasi dalam penanganan wabah virus corona (Covid-19). Saat ini sembilan orang telah diisolasi di rumah sakit tersebut.

Direktur RSUD RAA Tjokronegoro, dr Tolkha Amaruddin mengungkapkan, RSUD RAA Tjokronegoro saat ini sudah menampung 9 orang tanpa gejala (OTG) yang positif berdasarkan rapid test (Rapid Diagnostic Test/ RDT). Mereka adalah warga yang pernah mengikuti kegiatan ijtima di Gowa.

“Kami menerima warga yang akan diisolasi melalui dua jalur yakni Puskesmas dan RSUD,” ungkap Tolkha Amaruddin saat mendampingi Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Purworejo, dr Sudarmi menerima bantuan Alat Pelindung Diri (APD) berupa 200 baju hazmat di halaman Dinkes, Sabtu (18/4).

Bantuan tersebut berasal dari PT Waskita Karya, BUMN kontraktor Proyek Bendungan Bener Paket 2. Bantuan diserahkan Humas PT  Waskita Karya Desy Musdalifah kepada Kepala Dinas Kesehatan didampingi  Direktur RSUD RAA Tjokronegoro dan Kabag Humas Protokol Setda Purworejo Rita Purnama.

Atas bantuan tersebut, Kepala Dinkes Purworejo, dr Sudarmi, menyampaikan terimakasih. Menurutnya, bantuan APD tersebut sangat berguna untuk menjaga kesehatan tenaga medis. “Mudah -mudahan masih akan ada bantuan lagi, misalnya salah satu yang sangat dibutuhkan adalah masker N95 (bagi tenaga kesehatan),” katanya.

Sebelumnya, Tim Penggerak (TP) PKK, Dharma Wanita Persatuan, dan Ridati Kabupaten Purworejo juga memberikan bantuan 5.000 masker bagi para pedagang pasar dan PKL. Bantuan diberikan secara simbolis oleh Ketua TP PKK Purworejo, Fatimah Verena Prihastyari, didampingi Ketua DWP, Erna Said Romadhon dan para pengurus, kepada Kepala Dinas KUKMP, Bambang Susilo,  Jumat (17/4) di Pendopo Kabupaten.

“Bantuan masker ini merupakan bentuk kepedulian ketiga organisasi ini terhadap penanganan wabah virus corona. Mudah-mudahan bantuan ini bisa ikut mengurangi penyebaran virus corona,” katanya.  


Panuju Triangga