SM/Asef F Amani - DONOR DARAH: Peserta mendonorkan darahnya dalam gelaran donor darah memeriahkan Semarak HUT ke-70 Suara Merdeka di Atrium Artos Mall.

MAGELANG, SM Network – Ratusan pendonor antusias mengikuti aksi donor darah dalam Semarak HUT ke-70 Suara Merdeka di atrium Artos Mall, Kamis (27/2). Mereka datang dari berbagai elemen, seperti TNI, Polri, dan masyarakat umum baik dari Magelang maupun sekitarnya.

Sejak dibuka jam 10.00, pendonor sudah mengantri untuk menyumbangkan darahnya. Petugas dari PMI Kota Magelang pun sigap melayani pendonor. Termasuk petugas dari Lions Club Magelang Borobudur Host cekatan melayani pengunjung yang ingin cek diabetes secara gratis.

Terlebih ada puluhan hadiah doorprize dari Lions Club yang dibagikan kepada pendonor, sehingga pendonor makin bersemangat. Meskipun tak sedikit yang sedih, karena tidak diterima akibat tensi yang rendah atau faktor lainnya.

“Sampai ditutup pendaftaran, ada sekitar 150 pendaftar yang masuk. Namun, kita hanya bisa mendapatkan 114 kantong darah, karena selebihnya tidak lolos saat diperiksa tensinya,” ujar Kepala UDD PMI Kota Magelang, dr Bramantyo.

Dia menuturkan, aksi donor darah di wilayah Magelang cukup sering diadakan. Salah satunya dari Suara Merdeka yang baru pertama kali ini mengadakan donor darah dalam rangka semarak HUT ke-70 tahun 2020.

“Di PMI Kota Magelang tersedia cukup stok. Per pagi tadi (kemarin, red) stoknya ada sekitar 203 kantong. Jumlah ini bisa untuk kebutuhan lebih kurang 10 hari. Kalau dalam satu bulan, kita bisa distribusi darah sebanyak 1.400 kantong baik untuk kebutuhan di dalam maupun luar kota,” katanya.

Koordinator Bisnis Suara Merdeka Magelang, Pertiwi Tuti Rahayu menjelaskan, gelaran donor darah ini memang menjadi salah satu agenda kegiatan Semarak HUT ke-70 SM. 

“Kali ini kita adakan donor darah dengan pendonor bebas dari instansi dan daerah manapun. Kami lihat memang banyak dari unsur TNI dan Polri, seperti Akmil, Rindam, Secaba, Armed 11, sukarelawan, Pemkot Magelang, dan pengunjung Artos Mall,” jelasnya.

Suksesnya aksi sosial ini, katanya, tak lepas dari dukungan banyak pihak. Terutama Artos Mall yang sudah menyediakan tempat dan Lions Club Magelang Borobudur Host yang menghadirkan puluhan hadiah doorprize dengan hadiah utama satu unit sepeda.

“Kami juga didukung oleh Pemkot Magelang, Bank Jateng, PMI Kota Magelang, dan Grand Artos Hotel and Convention. Ini menjadi awalan kami berkegiatan, semoga bisa rutin kita adakan ke depannya,” tuturnya.

Sementara itu, Presiden Lions Club Magelang Borobudur Host, C Tuti Ibawardani mengaku, sangat antusias mengikuti kemeriahan di acara donor darah ini. Bahkan, Ketua TP PKK Kabupaten Magelang, Tanti Zaenal Arifin yang juga anggota Lions Club pun menyempatkan diri hadir.

“Kegiatan kita memang banyak di sosial, salah satunya donor darah. Maka, kami tertarik gabung kegiatan Suara Merdeka ini dengan beri hadiah doorprize agar lebih menarik lagi. Termasuk kami adakan cek diabetes gratis,” ungkapnya.


Asef Amani