SM/Arif Widodo -SERIUS : Peserta serius mengerjakan ujian tertulis seleksi perangkat Desa Redisari, Kecamatan Rowokele, Kebumen, Senin (1/3).

KEBUMEN, SM Network – Minat menjadi perangkat desa kini cukup tinggi. Tidak hanya dari desa setempat, seleksi terbuka perangkat desa sekarang juga memikat peserta dari luar wilayah. Seperti yang terjadi di Desa Redisari, Kecamatan Roiwokele, Kebumen, Senin (1/3).

Seleksi untuk mengisi kekosongan perangkat desa tersebut terdapat dua peserta dari luar wilayah. “Satu peserta dari luar Kecamatan Rowokele dan satu orang lainnya berasal dari luar Kabupaten Kebumen,” kata Kasi Tata Pemerintahan Desa Redisari, Sunarko.

Dalam seleksi kali ini yang dilaksanakan ujian tertulis dimulai pukul 07.45. Ujian di Aula Balai Desa Redisari itu diikuti 10 peserta, yang sebelumnya telah melalui proses penjaringan secara langsung oleh perangkat Desa Redisari serta berbagai unsur lembaga desa dan tokoh masyarakat.

“Selain terdapat peserta dari luar wilayah, seleksi perangkat Redisari kali ini juga diikuti peserta termuda berusia 22 tahun, dan peserta tertua berusia 40 tahun. Sedangkan latar belakang pendidikan peserta rata-rata dari SMA dan sarjana,” ucap Sunarko.

Lebih lanjut dijelaskan Sunarko, proses penerimaan perangkat desa tersebut dilakukan sesuai ketentuan yang ada, mengingat adanya kekosongan. Tahap demi tahap pelaksanaan seleksi pun dilalui hingga ujian. “Proses selanjutnya hingga pengumuman juga dilakukan secara terbuka dan transparan,” imbunya.

Sementara itu, Kepala Desa Redisari Kecamatan Rowokele, Ngadiyono mengatakan, untuk pengumuman hasil seleksi akan dilakukan usai penilaian. Disebutkan, para peserta sebelumnya telah mengikuti ujian test tertulis, pidato, wawancara, dan ujian komputer. “Kami berharap, peserta yang terpilih nantinya benar-benar bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik,” jelasnya.