SM/Dananjoyo Kusumo - Pekerja membuat panganan rengginan di usaha pembuatan rengginan "Rozaq" di Sokorini, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (17/1).

SLEMAN, SM Network – Ketentuan mengenai pembatasan jam operasional usaha terkait pencegahan penularan Covid-19 telah dituangkan dalam surat edaran Bupati Sleman. Edaran yang ditandatangani pada 20 April 2020 itu menyebutkan, jam operasional usaha di wilayah Sleman dibatasi hanya sampai pukul 21.00 WIB. Aturan itu berlaku untuk usaha game net, game station, game center, warung internet, salon, kafe, warung makan, restoran, rumah makan, angkringan/PKL, dan pemancingan.

“Usaha lain yang sejenis juga terikat dengan peraturan itu,” kata Kabag Humas dan Protokol Setda Sleman Shavitri Nurmala Dewi, Jumat (24/4). Disamping jam operasional, edaran itu juga mengharuskan pembeli, penjual pegawai, dan pengunjung untuk mengenakan masker. Pemilik atau penanggung jawab usaha diperbolehkan melakukan kegiatan usahanya dengan tetap memperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat, serta mematuhi protokol kesehatan. Semisal menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menerapkan physical distancing. Untuk tempat makan, spesifik pula diatur mengenai tempat duduk yang harus berjarak, serta tidak melayani makan di tempat setelah pukul 21.00.

“Jika mereka melanggar, akan diberi peringatan mulai dari taraf ringan sampai tindakan yang lebih tegas bahkan bisa sampai dicabut izinnya,” kata Shavitri. Dia menjelaskan, surat edaran bersifat melekat pada sanksi izin usaha. Jika suatu tempat usaha sudah memiliki izin operasional, artinya sudah melekat dengan segala aturan dan kondisi yang mengikutinya.

Dengan kata lain, tidak berdiri sendiri. Pemerintah, lanjut dia, bisa mengeluarkan surat edaran dalam beberapa situasi semisal kondisi darurat atau momentum bulan ramadhan. Surat edaran bernomer itu 440/01038 telah disampaikan kepada para camat, kades, Kepala Satpol PP, dan pemilik tempat usaha. “Saya rasa, dalam situasi seperti ini (darurat Covid-19), mayoritas pelaku usaha akan taat aturan,” tukasnya.


Amelia Hapsari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here