Sektor Pariwisata Masih Lesu Akibat Covid-19

PARIWISATA menjadi salah satu sektor yang paling terpukul adanya pandemi Covid-19. Sudah sekitar bulan sejak Maret, semua objek wisata di tiap daerah ditutup untuk umum guna mencegah penyebaran virus yang muncul pertama kali di Wuhan, China itu.

Tanpa terkecuali objek-objek wisata di Kota Magelang yang mengikuti instruksi pemerintah untuk tidak beroperasi. Tak pelak, pendapatan dari pengunjung berhenti mengalir dan berdampak banyak ke berbagai lini, seperti operasional, karyawan (SDM), dan lainnya. Bahkan, objek wisata milik Pemkot Magelang, yakni PDOW Taman Kyai Langgeng terpaksa tak bisa setor ke kas daerah, karena tanpa pemasukan sama sekali. Otomatis, pendapatan asli daerah (PAD) pun merosot tajam dan kenyataan itu sudah diprediksi oleh Pemkot Magelang.

Direktur Utama PDOW Taman Kyai Langgeng, Edi Susanto mengatakan, sejak 20 Maret pihaknya menutup untuk umum wisata berbasis taman ini. Hingga saat ini belum ada tanda-tanda akan dibuka kembali.“Sudah hampir dua bulan kita tutup. Dapat dilihat berapa pendapatan yang harus hilang. Di hari biasa kita bisa dikunjungi sekitar 1.000 pengunjung per hari atau sekitar 300-500 di bulan Ramadan dan dua kali lipat di libur Lebaran,” ujarnya di kantornya, beberapa waktu lalu.

Meski sangat terpukul, ia mengaku tidak pas kalau harus mengeluh dengan kondisi global ini. Ia pun konsisten untuk menjaga daya tarik objek wisata yang pernah meraih penghargaan taman terbaik tingkat nasional ini. “Kami tetap beroperasi untuk melakukan perawatan semua yang ada dari tanaman, hewan, wahana permainan, hingga kolam renang. Biaya yang dikeluarkan memang tidak sedikit, tapi ini keharusan agar kondisi tetap terjaga dengan baik,” katanya.

2 Komentar

  1. 102285 132390An fascinating discussion is price comment. I believe that you should write extra on this subject, it may well not be a taboo topic but typically individuals are not enough to talk on such topics. Towards the next. Cheers 790576

  2. 450824 724505Hi! Do you know if they make any plugins to safeguard against hackers? Im kinda paranoid about losing everything Ive worked hard on. Any guidelines? 27787

Tinggalkan Balasan