Sekolahan di Zona Merah Ditutup, Warga Dilarang Ciuman

SM Network РGuna mencegah penyebaran virus corona yang kian hari menjadi ancaman kesehatan di seluruh dunia, Pemerintah Italia akan menutup semua sekolah dan universitas untuk menghentikan penyebaran virus corona yang telah menginfeksi lebih dari 2.500 orang di negara itu dan membunuh 79 korban. Penutupan dilakukan sampai pertengahan Maret.

Dilansir dari laman dailymail.co.uk, Rabu, 4 Maret 2020, sekolah yang ada wilayah zona merah yaitu Lombardy, Veneto dan Emilia-Romagna, telah ditutup sejak bulan lalu.

Kepala Departemen Penyakit Menular di Lembaga Kesehatan Nasional Italia, Giovanni Rezza, menyatakan bahwa sekolah adalah area utama untuk mengendalikan virus. Para siswa (anak-anak) memang tidak menderita sebanyak orang dewasa tetapi mereka dapat menularkannya kepada orang tua dan kakek-nenek.

Dari data yang mereka peroleh, sebanyak sepuluh persen pasien virus corona yang dirawat intensif memiliki masalah di pernafasan dan kebanyakan dari mereka berusia di atas 65 tahun. Karena itu, pemerintah menyarankan kepada para orang tua agar tidak meninggalkan rumah selama dua minggu ke depan.

Tidak hanya itu saja, pemerintah Italia juga menyarankan warga agar tidak berciuman, berpelukan, dan berjabat tangan. Kemudian, meminta mereka berdiri terpisah sejauh tiga kaki termasuk jika ada di dalam satu ruangan untuk melindungi kemungkinan terkena tetesan air liur yang dapat menularkan penyakit tersebut.

Para pejabat di Italia mengatakan perlu waktu hingga dua minggu untuk mengetahui apakah tindakan seperti karantina di 11 kota, di Italia Utara, berhasil atau tidak.

Virus corona sudah menyebar di berbagai negara termasuk negara-negara di Eropa. Tiga negara Eropa yang terkena dampak paling parah dari virus tersebut adalah Italia, Jerman, dan Perancis.

Virus tersebut telah terdeteksi di setidaknya 70 negara dengan 90.000 kasus dan 3.100 korban meninggal dunia. Di China, tempat awal virus itu muncul, tercatat 80.151 orang terinfeksi, dan 2.943 korban meninggal dunia.


SM Network/viva

Tinggalkan Balasan