Sekolah Boleh Dibuka, Asal….

SLEMAN, SM Network – Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kabupaten Sleman menyatakan setuju terhadap usulan dibukanya kembali sekolah di zona kuning dan hijau. Pasalnya, momen pembelajaran tatap muka sudah ditunggu oleh guru maupun siswa.Namun demikian, pelaksanaannya tetap harus memperhatikan protokol kesehatan. Ketua PGRI Sleman Sudiyo memberi masukan setidaknya enam hal yang perlu diterapkan jika pembelajaran tatap muka efektif berlaku.

“Pertama, dilakukan pembagian kelas. Teknisnya, satu kelas dibagi dua kelompok misal minggu pertama diperuntukkan kelompok satu, sedangkan kelompok dua belajar di rumah. Minggu berikutnya dibuat sebaliknya,” kata Sudiyo, kemarin.Protokol lain yang harus diperhatikan adalah susunan tempat duduk siswa yang didesain jaga jarak.

Selain itu, semua guru dan siswa wajib mengenakan masker atau alat pelindung diri. Waktu belajar di sekolah pun tidak boleh terlalu lama, maksimal hanya tiga jam tanpa istirahat.”Tidak lupa, semua sekolah menyiapkan sarana pendukung protokol kesehatan seperti alat ukur suhu badan, dan tempat cuci tangan. Ruang kelas juga mesti rutin disterilkan,” ujarnya.

Saran terakhir adalah meniadakan jabat tangan. Jika biasanya sebelum masuk kelas, siswa berbaris dan bersalaman dengan guru, hal itu tidak perlu dilakukan pada masa pandemi untuk mengantisipasi penularan Covid-19.”Jika semua langkah itu diaplikasikan, Insya Allah akan terjaga dari penularan virus dan tidak ada klaster baru,” ucapnya.

Sebelumnya, Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan Pemkab akan mempersiapkan sistem belajar-mengajar on-off untuk antisipasi dibukanya kembali sekolah di masa adaptasi kebiasaan baru. Kendati sampai saat ini belum ada rencana untuk menggelar pembelajaran secara tatap muka.”Evaluasinya dilakukan tiap akhir bulan. Tapi untuk saat ini pembelajaran masih dilakukan secara daring, belum ada rencana kapan dimulai tatap muka,” tandasnya.


Amelia Hapsari

5 Komentar

  1. Like!! Really appreciate you sharing this blog post.Really thank you! Keep writing.

  2. I am regular visitor, how are you everybody? This article posted at this web site is in fact pleasant.

  3. I love looking through a post that can make people think. Also, many thanks for permitting me to comment!

  4. 814076 604802Once I originally commented I clicked the -Notify me when new feedback are added- checkbox and now every time a remark is added I get four emails with exactly the same comment. Is there any indicates you possibly can remove me from that service? Thanks! 386362

Tinggalkan Balasan