Sejumlah Napi di Rutan Purworejo Positif Narkoba

PURWOREJO, SM Network – Rumah Tahanan (Rutan) Purworejo menerima warga binaan baru pindahan dari Rutan Salemba, belum lama ini. Dari 50 narapidana, 47 diantaranya memiliki latar belakang kasus narkoba, dan masih berstatus positif sebagai pecandu narkoba, setelah dilakukan tes urine.

“Masih banyak yang positif narkoba, setelah dilakukan cek urine, pada saat kedatangan mereka sampai di Rutan Purworejo,” kata Lukman Agung Widodo, selaku Kepala Rutan Kelas II B Purworejo, usai sidak gabungan di lingkungan rutan, akhir pekan lalu.

Lukman mengungkapkan, pihaknya sedang mengupayakan tindakan rehabilitasi terhadap nara pidana yang berstatus positif obat-obatan terlarang tersebut. Terapi akan dilakukan dengan cara pendampingan social kerohanian, mengingat Rutan Purworejo tidak memiliki fasilitas terapi medis.

Dikatakan, razia gabungan lalu diikuti oleh Petugas dari Polres, Kodim 0708, Denpom V/2-2 Purworejo dan pegawai Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Purworejo. Razia diadakan guna mengantisipasi adanya barang terlarang yang disembunyikan para tahanan maupun narapidana. Penggeledahan yang dimulai pukul 19.30 WIB berlangsung sekitar 2 jam.

“Kegiatan ini dalam rangka preventif pencegahan gangguan keaPeredaranmanan dan ketertiban di rutan Purworejo yang mana sasarannya adalah Narkoba, HP, dan senjata tajam,” ujarnya.

Lukman menyebutkan, terdapat 198 warga binaan, yang terdiri atas 7 wanita dan 192 orang berjenis kelamin laki-laki, yang menghuni Rutan Purworejo. Jumlah itu ini, kata Lukman, sudah melebihi daya tamping rumah tahanan binaanya.

Dari razia itu, tim gabungan hanya menemukan barang pribadi milik warga binaan. Serta tidak ada hal-hal yang mencurigakan yang berpotensi membahayakan penghuni rutan.

Kasatres Narkoba Polres Purworejo, Iptu Joyo Suharto, menekankan pentingya pengawasan terhadap seluruh warga binaan, khususnya mantan pengguna narkoba. Kendati demikian, Ia optimis para mantan pengguna narkoba ini bisa berubah.

“Sugesti baik bahwa mereka bisa berubah harus diberikan,” pungkasnya.

Heru Prayogo


4 Komentar

  1. uplpwqtsp mjcjw rryhdtx ewhe jcvigprsspvddxk

  2. 898056 534162Thank you for the auspicious writeup. It in fact was a amusement account it. Look advanced to much more added agreeable from you! However, how could we communicate? 430985

  3. 692903 458075I actually like your writing style, good information , thankyou for putting up : D. 195840

  4. 954838 534380Very great publish, thanks a lot for sharing. Do you happen to have an RSS feed I can subscribe to? 154636

Tinggalkan Balasan