Sebanyak 4.599 Guru Agama Diberi Insentif Bulanan

TEMANGGUNG, SM Network – Pemerintah Kabupaten Temanggug memberikan insentif untuk 4.599 orang guru keagamaan berupa dana bulanan. Hal ini merupakan wujud dari apresiasi kepada guru yang mengajar ilmu agama dari semua perwakilan agama. Melalui insentif diharapka guru agama lebih bersemangat, lebih percaya diri dan bahwa keberadaan mereka sungguh dalam mempersiapkan generasi penerus.

Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq mengatakan, peranan guru keagamaan sangat besar dalam membangun sumber daya manusia melalui pendidikan yang bermutu, dengan tujuan agar mampu mengelola sumber daya alam. Harapan ke depannya anak didik mampu megelola sumber daya alam secara masksimal untuk kesejahteraan masyarakat.

“Tujuan pemberian intensif kepada guru keagamaa ini mengingat perannya dalam mendidik generasi muda sangat besar. Di mana dalam menjalankan tugasnya membangun karakter bangsa meringankan beban pemerintah juga. Kontribusinya kepada bangsa dan negara sangat besar, tapi selama ini kurang mendapat perhatian dari pemerintah,”ujarnya usai launching acara pemberian insentif guru keagamaan di Pendapa Jenar, Senin (27/7).

Hadir dalam kegiatan launching insentif guru ini sebanyak 60 orang terdiri dari 40 orang penerima insentif guru keagamaan dari lembaga seperti TPQ, Madin, Pondok Pesantren, Sekolah Minggu dan lembaga keagamaan lain. Karena masih masa pandemi kegiatan tetap memperhatikan protokol kesehatan di mana semua yang hadir memakai masker dan jaga jarak.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Temanggung Suyono mengatakan, pada tahun anggaran 2020 ini Pemkab Temanggung memberikan insentif guru pembimbing keagamaan sebesar Rp 5.671.598.300 yang diberikan selama 12 bulan, untuk 4.599 guru dengan besaran tiap bulan Rp 100 ribu. Untuk semester I cair Rp 2.557.200.000, sedangkan sisanya akan diberikan pada semester II.

“Untuk semester pertama diberikan separuh dulu, dari total Rp 5.671.598.300, dan untuk semester II rencana akan diberikan akhir bulan Oktober-November 2020. Tapi dari jumlah 4.599 ini nantinya akan bertambah jumlahnya karena sudah ada yang antre sudah ada usulan. Ini dari semua agama yang kita berikan,”katanya.


Raditia Yoni Ariya/K41

Tinggalkan Balasan