ilustrasi corona

MUNGKID, SM Network – Satu pasien positif covid-19 dinyatakan sembuh usai menerima hasil lab kedua. Diketahui pasien tersebut merupakan warga Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Selain itu, empat warga lainnya yang berstatus positif covid-19 kondisinya saat ini membaik.

Plt Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi, Senin (6/4) saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. “Alhamdulillah bahwa warga Kabupaten Magelang yang sebelumnya telah dinyatakan positif korona virus disease, dan sebelumnya telah dirawat di RSUD Tidar Kota Magelang, untuk hasil tes keduanya, tes swab keduanya dinyatakan negative. Sehingga dinyatakan clear, sembuh. Jadi satu pasien positif korona virus disease warga Kabupaten Magelang dinyatakan sembuh, clear, dari hasil tes swab yang kedua,” jelas Nanda.

Plt Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokompim) Setda Kabupaten Magelang Nanda Cahyadi Pribadi.

Nanda megatakan bahwa kronologinya adalah pasien tersebut masuk ke RSUD Tidar pada tanggal 11 Maret. Dan dinyatakan positif pada tanggal 15 Maret. Karena kondisinya membaik dan sehat, maka diperbolehkan pulang pada tanggal 19 Maret dan melakukan isolasi mandiri secara ketat dengan pendampingan petugas kesehatan.

“Karena sudah diisolasi mandiri, kemudian hasil swab pertama pada tanggal 24 Maret itu negative. Kemudian hasil swab kedua, keluar pada tanggal 29 Maret dinyatakan negative. Dan hari ini, berita baik ini bisa kita terima bahwa pasien, maksud saya inisial C warga Tegalrejo sebagai sebelumnya dinyatakan positif pasien korona dinyatakan clear atau sembuh,” paparnya.

Sesuai dengan arahan kesehatan, lanjut Nanda, meskipun yang bersangkutan sudah dinyatakan clear sembuh, negative, tetap yang bersangkutan diminta untuk melakukan pola hidup bersih dan sehat.

“Kemudian tetap dibawah pemantauan dan monitoring dari petugas kesehatan. Kami juga sudah menghubungi pak camat Tegalrejo untuk diteruskan kepada kepala desanya. Dan bisa menginformasikan berita baik ini kepada seluruh masyarakat, dan mereka bisa ikut mensuport seluruh warga agar bersama-sama agar tidak panik, gusar, atau merasa khwatir dengan virus ini. Karena Alhamdulillah penyakit ini bisa sembuh,” ucapnya.

Nanda juga menjelaskan, bahwa pihaknya telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk melakukan pemantauan swcara ketat. Menurutnya, masyarakat sekitar harus tetap waspada meskipun yang bersangkutan sudah sembuh. Masyarakat didorong untuk tetap berpola hidup sehat dan tetap psyhical distancing.

“Yang jelas tetap dipantau oleh petugas kesehatan. Dan karena walaupun ini sudah dinyatakan sembuh tetap dibawah pantauan secara khusus juga dari petugas kesehatan,” tambahnya. Terkait dengan empat pasien positif lainnya, Nanda memastikan kondisinya membaik dan masih dalam perawatan serta pemantauan.

“Seperti yang sudah pernah kami jelaskan, bahwa dua pasien ini masih dirawat, kemudian tiga pasien ini termasuk pasien yang sembuh ini. Berarti masih tinggal dua yang pasien sudah pulang, maksudnya satu pasien sudah pulang dan kondisinya membaik,” ujar Nanda. Ia juga menambahkan bahwa salah satu pasien dinyatakan positif, namun tidak bergejala.

“Jadi secara fisik dia sehat tapi dinyatakan positif. Tetapi tetap dalam pemantauan dan pengawasan yang ketat dari petugas kesehatan, dan yang bersangkutan masih tetap melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing,” tukasnya.


Dian Nurlita/Kim

3 KOMENTAR