Satu Bulan Candi Sambisari dan Ijo Dibuka, Pengunjung Capai Ribuan

SLEMAN, SM Network – Dua candi yang dikelola bersama Pemkab Sleman dan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) sudah bisa dikunjungi untuk umum. Candi tersebut yakni Sambisari dan Ijo dibuka sejak akhir Juli, setelah tutup selama hampir enam bulan akibat pandemi Covid-19.

Sebenarnya ada tujuh candi yang pengelolaannya dikerjasamakan Pemkab dan BPCB yakni Kedulan, Ijo, Sambisari, Banyunibo, Sari, Kalasan, dan Gebang. Namun sementara ini, baru Candi Sambisari dan Ijo yang diuji coba untuk kunjungan wisatawan.

“Kami akan usulkan ke BPCB supaya mulai penjajakan. Kalau sudah jalan bagus protokol kesehatannya, objek candi yang lain akan menyusul dibuka,” kata Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman Sudarningsih, Rabu (9/9).

Selama kurang lebih satu bulan beroperasi, kunjungan wisatawan di Candi Sambisari dan Ijo masing-masing lebih dari 2.500 orang. Pendapatannya jika ditotal sekitar Rp 25 juta. Lebih lanjut Ning menjelaskan, dalam memutuskan membuka objek wisata termasuk candi, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan. Salah satunya adalah kesiapan sarana prasarana termasuk petugas.

Saat ini ada 10 petugas. Dengan dibukanya dua candi, maka di masing-masing lokasi ditempatkan lima orang petugas. Selain sarpras, faktor kesiapan masyarakat di sekitar lokasi objek candi juga dipertimbangkan. “Disosialisasikan dulu ke masyarakat. Kami tidak mau ada resistensi, meski pembukaan objek itu sebenarnya juga membawa multiplier effect,” tutupnya.

1 Komentar

  1. 74816 202018The vacation unique deals offered are believed as a selection of possibly the most preferred and therefore within your budget all over the globe. Quite a number of hostels can be proudly located inside property which is accented who has striking seashores encouraging crystal-clear rivers, contingency of an Ocean. hotels compare rates 384634

Tinggalkan Balasan