SM/dok - Kepala Dinkes DIY, Pembajun Setyaningastutie

YOGYAKARTA, SM Network – Satu oang ASN Dinas Kesehatan (Dinkes) DIY meninggal dunia setelah dinyatakan positif Covid-19. Pegawai berinisial BN ini meninggal pada Rabu (23/9) lalu saat menjalani perawatan di RSUP Sardjito.

Menurut Kabag Humas Pemda DIY Ditya Nanaryo Aji, almarhum memiliki penyakit penyerta diabetes melitus.

“Ketika masuk rumah sakit, kondisinya terbilang ringan. Namun karena komorbid yang dideritanya, keadaan almarhum semakin memburuk,” kata Ditya.

Dari hasil kontak tracing yang dilakukan Dinkes, BN tertular virus corona dari kakaknya. Pada tanggal 30 Agustus 2020, almarhum sempat bepergian satu mobil dengan sang kakak yang waktu itu sedang sakit flu. Namun setelah diperiksa laboratorium, kakak almarhum ternyata positif Covid-19. Mengetahui kakaknya terinfeksi corona, BN atas inisiatif mandiri melakukan tes swab karena merasakan gejala yang sama.

“Pada 8 September 2020, almarhum dinyatakan positif Covid-19, dan langsung dirawat di rumah sakit,” ujar Ditya.

Sempat dirawat selama 16 hari, kondisi BN kian memburuk karena komorbid diabetes melitus memperparah Covid-19. Hingga pada Rabu (23/9) sekira pukul 10.00 WIB, almarhum menghembuskan nafas terakhir.Begitu mendapati hasil swab BN positif, Dinkes langsung melakukan tracing kepada keluarga, kerabat, dan rekan kerja yang bersangkutan.

Hasilnya, ungkap┬áKepala Dinkes DIY Pembajun Setyaningastutie, didapati 4 pegawai di lingkungan dinasnya yang positif terpapar Covid-19. “Ada tiga ASN, dan satu tenaga bantu yang tertular. Tracing tersebut memberikan hasil bahwa ini klaster besar,” kata Pembajun.

Semasa bertugas di lingkungan Dinkes DIY, pekerjaan almarhum tidak bersinggungan langsung dengan pasien Covid-19 maupun front office yang bertemu dengan konsumen, melainkan bagian administrasi. Setelah mendapati ASN positif, Pemda DIY mengambil langkah antisipasi dengan menutup sementara lingkungan tempat kerja almarhum. Selama ditutup pada 9-11 September, area kantor disemprot denan disinfektan.

2 KOMENTAR

  1. 370755 605941An intriguing discussion is worth comment. I believe which you want to write a lot more on this matter, it may possibly not be a taboo topic but generally individuals are not enough to speak on such topics. To the next. Cheers 937282

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here