SMN/dok - BAHU MEMBAHU: Dibantu warga setempat, personel Satgas TMMD Reguler ke-107 bahu membahu menyelesaikan pembuatan gorong-gorong di lokasi TMMD di Kalurahan Purwosari, Kapanewon Girimulyo, Kapanewon Girimulyo, Kulon Progo.

KULONPROGO, SM Network – Berbagai pembangunan fisik dalam Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke-107 di Kalurahan Purwosari, Kapanewon Girimulyo sampai dengan awal minggu ketiga ini, beberapa diantaranya sudah dalam tahap finishing termasuk diantaranya pembuatan gorong-gorong.

Diinisiasi Komando Distrik Militer (Kodim) 0731/Kulon Progo, setidaknya terdapat tujuh titik gorong-gorong yang dibuat. Gorong-gorong itu terdiri dari dua unit gorong-gorong plat dan lima unit gorong-gorong biasa.

“Gorong-gorong plat dibuat satu unit di Pedukuhan Prangkokan dan satu unit di Pedukuhan Wonosari, dengan ukuran panjang 1 x 5 meter.  Gorong-gorong biasa sebanyak lima unit dibuat tiga unit di Prangkokan dan dua unit di Wonosari, dengan pemasangan bis beton, berdiameter 0,30 meter x panjang 5 meter,” papar Koordinator Lapangan Satgas TMMD Kapten Inf Nurhadi Wijaya, Rabu (1/4).

Menurut dia,  gorong-gorong menjadi bagian penting dalam mengamankan badan jalan yang sudah diperkeras agar tidak tidak terkikis dan terendam air saat musim penghujan sehingga tidak mudah rusak. “Pembuatan gorong-gorong tersebut saat ini dalam tahap finishing dan dibeberapa titik sudah selesai dikerjakan,” ungkap Nurhadi.

Sebelumnya, memasuki pekan-pekan terakhir program yang dahulu bernama ABRI Masuk Desa itu semua sasaran fisik tengah berpacu dengan waktu. Dansatgas TMMD Letkol Inf Dodit Susanto pun sudah mengecek ke sejumlah lokasi untuk memastikan sasaran mencapai progres. Seperti pengecekan pembuatan rabat beton, Dansatgas memberi arahan dan memerintahkan agar pengerjaan dan penempatan personel Satgas TMMD serta warga dan penggunaan sarana seperti mesin molen disesuaikan dengan tingkat pekerjaan yang harus dikerjakan baik itu di Pedukuhan Prangkokan maupun Wonosari.

“Kami perintahkan untuk mengecek keperluan mesin molen. Jika dirasa perlu ditambah agar cepat selesai ya harus ditambah,” papar pria yang juga Dandim 0731/Kulon Progo itu.


Gading Persada