SM/Supriyanto FOTO BERSAMA : Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih foto bersama Wakil Ketua DPP PPP Muhammad Arwani Tomafi usai penyerahan SK Penetapan DPP PPP untuk Cabup dan Cawabup Kebumen di Hotel Gumaya Semarang, Senin (27/7/2020) malam.

KEBUMEN, SM Network – Pasangan Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih menyapu bersih rekomendasi dari seluruh partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kebumen. Hampir biasa dipastikan, Pilbup Kebumen 9 Desember 2020 akan diikuti oleh pasangan calon tunggal.

Menyusul rekomendasi dari PDI Perjuangan, Partai Nasdem, Partai Golkar, Partai Demokrat, PAN, PKB, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Gerindra secara resmi memberikan dukungan kepada pasangan Arif-Rista.

Surat Keputusan (SK) Penetapan Calon Bupati dan Wakil Bupati Kebumen Kebumen diserahkan oleh Wakil Ketua DPP PPP Muhammad Arwani Tomafi kepada Arif Sugiyanto dan Ristawati Purwaningsih di Hotel Gumaya Semarang, Senin (27/7/2020). Acara dihadiri oleh Ketua DPW PPP Jateng Masruhan Samsurie, Wakil Ketua DPW Jateng Yusuf Cahyono, Desk Pilkada DPW Jateng Muhammad Ngaini Richard. Tampak Hadir Ketua DPC PPP Muhsinun, Sekretaris Akhmad Chaeroni.

Yang menarik, dalam kesempatan itu Arif Sugiyanto yang saat ini masih menjabat sebagai Wakil Bupati Kebumen menyerahkan buah tangan kepada Ketua DPW Jateng Masruhan Samsurie berupa satu bal lanting dan cinderamata khas Kebumen berupa topeng tari cepetan. “Ini sebagai simbolisasi bahwa Pak Arif ini berkomitmen untuk mengembangkan UMKM dan kesenian tradisional Kebumen,” ujar Masruhan Samsurie.

Masruhan Samsurie menyampaikab surat keputusan dari DPP PPP tersebut bersifat final. Proses pengamatan dan komunikasi terhadap sosok yang bakal menduduki kursi orang nomor satu di Kebumen itu telah dilakukan sejak jauh hari. Hingga akhirnya mengerucut pada pasangan Arif-Rista. “Ini temen-temen yang ada di Kebumen mulai Maret sudah mengantongi nama dan berakhir pada pasangan malam ini. Di kami tidak ada istilahnya rekomendasi tapi Surat Keputusan,” terangnya.

Jadi Prioritas

Pihaknya memiliki target akan memenangkan Pilkada di beberapa daerah di Jawa Tengah termasuk Kebumen yang menjadi prioritas. “Kebumen termasuk prioritas target menang, menang dengan mudah apa lagi calon tunggal ini menjadi point optimisme kami,” ujarnya.

Dia berharap, dengan didukung segenap kekuatan dari partai berlambang ka’bah ini, pasangan Arif-Rista dapat menjadi pioner meningkatkan kesejahteraan masyarakat serya perubahan Kebumen semakin religius. “Tentunya kesejahteraan masyarakat yang utama. Namun tidak kalah penting adalah masalah religi yang ada di masyarakat,” ucapnya.

Arif Sugiyanto menyampaikan bahwa suatu kehormatan bagi dirinya dapat diberi mandat secara langsung oleh PPP sebagai modal mengemban amanah menjalankan tampuk kepemimpinan mendatang. “Ini adalah bentuk amanah yang akan kami pegang sekuat-kuatnya untuk kesejahteraan masyarakat Kebumen,” kata Arif menyebutkan rekomendasi juga telah diberikan oleh PKS.

Sementara itu, Ketua KPU Kebumen Yulianto menyampaikan bahwa kepastian jumlah peserta Pilkada diketahui setelah penetapan calon yang dijadwalkan pada 23 September 2020. Berdasarkan PKPU Nomor 5 tahun 2020, pendaftaran pasangan calon oleh parpol atau gabungan parpol dimulai pada 4-6 September. Selanjutnya masa kampanye digelar pada 26 September sampai dengan 5 Desember 2020. “Adapun untuk penjaringan pasangan calon merupakan domain partai politik,” ujarnya.


Supriyanto

4 KOMENTAR