Sambut Tahun Baru, Malioboro Berbenah

JOGJAKARTA, SM Network – Jelang pergantian tahun yang biasanya dibarengi dengan liburan dan lonjakan kunjungan wisatawan ke Yogyakarta, membuat sejumlah titik Malioboro berbenah. Diantaranya pemasangan pintu detektor suhu badan otomatis di sejumlah lokasi dan tempat cuci tangan tanpa sentuh.

Menurut salah satu petugas Unit Pelaksana Teknis (UPT) Malioboro yang ditemui Suara Merdeka menyebutkan terdapat 30 detektor suhu yang secara otomatis akan membaca suhu badan seseorang yang melewatinya.

SM/Dananjoyo

“Rencananya dalam waktu dekat akan diaktifkan, tinggal menunggu aliran listriknya saja,” kata petugas UPT, Kamis (10/12/2020).

Kawasan wisata utama di Kota Gudeg tersebut diperkirakan tetap ramai dikunjungi wisatawan saat libur akhir tahun meski masih dalam suasana pandemi Covid19. Kebanyakan dari mereka ingin merayakan pergantian tahun di kawasan Malioboro.

Sementara itu Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Yogyakarta telah menyiapkan “back up” petugas kebersihan di kawasan Malioboro pada libur akhir tahun hingga awal tahun baru 2021.

SM/Dananjoyo

Hal tersebut diungkapkan Kepala DLH Kota Yogyakarta Sugeng Darmanto. Menurutnya, petugas dari DLH Kota Yogyakarta akan diterjunkan pada H-5 sebelum pergantian tahun hingga tiga hari usai tahun baru bahkan tugasnya bisa dilanjutkan sepanjang Januari.

“Kami akan siapkan petugas kebersihan untuk ’back-up’ penyapuan dan kebersihan di kawasan wisata tersebut menjelang libur akhir tahun,” katanya.

Dukungan petugas kebersihan di Malioboro tersebut, lanjut Sugeng, perlu dilakukan. Karena kawasan wisata utama di Kota Yogyakarta tersebut diperkirakan tetap ramai dikunjungi wisatawan saat libur akhir tahun sehingga volume sampah yang dihasilkan diperkirakan meningkat.

Kegiatan penyapuan, lanjutnya, tidak hanya akan dilakukan di sepanjang Jalan Malioboro saja tetapi juga di kawasan sekitarnya sepertin di Titik Nol Kilometer, kawasan Alun-Alun Utara hingga Alun-Alun Selatan. “Semua harus dipastikan bersih sehingga siap menerima kunjungan wisatawan pada pagi hari,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan