Sambut Hari Ibu, PKK Kebumen Gelar Rapid Test Massal Gratis

KEBUMEN, SM Network – Menyambut peringatan hari ibu tahun 2020, Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen menggelar rapid test massal gratis. Kegiatan yang berlangsung di Balai Pengobatan Penyakit Paru-Paru (BP4) Kabupaten Kebumen itu diikuti dengan antusias oleh para kader PKK.

Ketua TP PKK Kebumen Zuhroh Yazid Mahfudz mengatakan, rapid test yang dilaksanakan itu sebagai tindaklanjut Instruksi Presiden Nomor 6 Tahun 2020 tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Virus Disease 2019. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen.

“Rapid test kali ini menyasar 100 peserta yang terdiri dari kader PKK baik kabupaten maupun kecamatan serta remaja dan lansia,” jelasnya. Lebih lanjut Zuhroh berharap momentum Hari Ibu di tengah wabah Covid-19 perlu disikapi bersama dengan menerapkan protokol kesehatan. Meliputi mencuci tangan dengan sabun, menjaga jarak dan memghindari kerumunan.

Para Ibu sebagai garda terdepan di keluarga pun diminta ikut berperan melindungi keluarga untuk melawan dan memutus mata rantai penularan Covid-19. “Selain menjalankan protokol kesehatan Covid-19 juga menjaga asupan nutrisi bagi sendiri dan keluarga,” terang Zuhroh.

Dalam rapid test yang ditangani tenaga medis dari Dinas Kesehatan Kebumen itu mendapat perhatian tersendiri bagi Zuhroh. Terlebih di Kebumen masih cukup banyak yang terkena korona. Bahkan perkembangannya yang sempat masuk zona orange meningkat menjadi zona merah.

Berbagai upaya dilakukan pemerintah agar pandemi segera berakhir. Termasuk menggerakkan kader PKK untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Tentunya terlebih dahulu dengan memberi contoh. Seperti pelaksanaan rapid test tersebut.

Tinggalkan Balasan